20FIT .CO.ID


Flores. One of Beautiful Place to Visit Before You Die

Flores. One of Beautiful Place to Visit Before You Die
by

“Tanah Flores itu diciptakan ketika Tuhan sedang berbahagia”, mungkin kalimat itu yang ada di dalam benak saya ketika memasuki kawasan Gili Lawa Darat, ‘pintu gerbang’ masuk ke Kepulauan Komodo, Flores. Rasa lelah 4 (Empat) hari berlayar dari Lombok menuju Flores seketika terbayar lunas saat saya menginjakkan kaki di Gili Lawa Darat atau yang biasa disebut juga Gili Laba.

Seperti kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, Flores yang terletak di Nusa Tenggara Timur sepertinya harus masuk dalam tempat yang wajib kamu kunjungi. Mungkin bagi kalian yang hobby bermain di dunia maya sudah tidak asing lagi dengan keindahan Flores yang mengagumkan. Namun rasanya hanya melihat di dunia maya saja tidaklah cukup jikalau tidak datang langsung ke Flores.

Pulau Padar, Pulau Gili Laba, Pulau Rinca, dan Pulau Kanawa merupakan gugusan Kepulauan Komodo yang wajib dikunjungi. Tidak hanya bermain air di Kepulauan Komodo, Flores juga menyajikan spot hiking yang mengagumkan. Jika berminat untuk hiking, anda bisa menuju ke Kota Ende. Disana terdapat Danau Kelimutu, danau yang terkenal karena memiliki tiga warna dan acapkali berubah warna menjadi salah satu daerah wisata yang wajib dikunjungi.

Jika ingin hiking yang lebih menantang, Anda bisa mengunjungi Wae Rebo, desa tradisional di Kecamatan
Satarmese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Bila anda gugling kata Wae Rebo, maka saya yakin jiwa petualangan siapapun akan tertantang untuk bisa mengunjungi desa tersebut. Untuk menuju Wae Rebo, Anda harus menuju ke Denge yang merupakan desa terakhir sebelum memulai trekking. Wae Rebo dapat ditempuh dengan trekking selama 3,5 jam menjamah alam perbukitan dengan elevasi hingga 45 derajat membuat perjalanan trekking ini menantang sekaligus melelahkan.

Tapi rasa lelah akan terbayar ketika melihat indahnya Desa Wae Rebo yang disebut-sebut sebagai Negeri di Atas Awan dan menjadi salah satu daerah yang memperoleh The UNESCO Asia-Pacific Heritage Awards for Cultural Heritage Conservation.

 

author : Yeye Sutowo (@kehilanganpassport)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *