20FIT .CO.ID


Tips Mendaki Gunung dengan Aman

Tips Mendaki Gunung dengan Aman
by

Mendaki gunung atau hiking merupakan salah satu dari jenis olahraga semi ekstrim dan menguji nyali. Banyak resiko dan bahaya yang akan mengancam keselamatan, mulai dari cuaca, binatang buas, medan perjalanan yang terjal, penduduk yang tidak bersahabat dan sebagainya. Meski demikian, meski sudah banyak yang jatuh korban, tidak menyurutkan niat para pecinta alam untuk terus mengeksplor keindahan alam di balik kemegahan gunung. Tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan waktu liburnya justru dengan menaklukkan gunung.

Mendaki gunung sekarang menjadi sangat familiar di kalangan remaja-remaja, apalagi sejak diputar film lokal 5 CM. Rata-rata para pecinta alam yang masih minim pengalaman menjadikan film tersebut sebagai pedoman mendaki, padahal film tersebut tidak menampilkan kegiatan di atas gunung seutuhnya. Setidaknya, ada beberapa teknik pendakian yang memang tidak atau kurang pas jika diterapkan pada kenyataan di lapangan.

Bagi Anda yang berniat untuk mendaki gunung dalam waktu dekat, sebelum berangkat ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi alam. Pastikan menggunakan baju, sepatu atau sendal yang sesuai dengan medan pegunungan dan bawalah jas hujan sebagai antisipasi andaikan hujan tiba-tiba datang. Mengenakan pakaian yang tidak cocok berpotensi mencederai perjalanan kita mendaki gunung.
  • Kenali diri dan batas kemampuan Anda. Hanya Anda paham tentang kondisi fisik Anda sendiri. Hal terburuk yang bisa dilakukan adalah memaksakan diri terus mendaki yang pada akhirnya justru membuat Anda kelelahan. Jangan merasa rendah diri dan malu dengan pendaki ataupun teman yang lainnya. Mendaki bukanlah perlombaaan adu cepat. Ketika merasa tubuh kelelahan, beristirahatlah dan minumlah air secukupnya. Naik gunung adalah kegiatan yang seharusnya dinikmati, bukan malah membuat Anda stress.
  • Jangan keluar dari jalur dan tetaplah follow the track. Berada pada jalur pendakian adalah hal yang harus selalu kita lakukan setiap Jangan pernah mencoba-coba keluar dari jalur, apalagi kalau Anda tidak punya pengalaman naik gunung sama sekali. Sudah banyak kasus dari para pendaki mulai dari cidera, jatuh, hilang dan lost contact. Ini diakibatkan karena para pendaki mengabaikan himbauan dan tetap ngotot untuk keluar dari jalur pendakian. Dengan tetap berada di jalur pendakian tentunya jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu akan mudah mendapatkan pertolongan.
  • Bawalah peralatan pendakian yang lengkap, jangan yang sekedarnya. Jaket anti air atau ponco wajib dibawa untuk mengatisipasi turunnya hujan. Jaga kondisi pakaian untuk berkemah dalam kondisi kering. Memaksakan memakai baju basah di gunung bisa membuat Anda terkena Hypotermia yang bisa berakibat fatal. Gunakan sepatu karet atau boots ketika mendaki, dan sebisa mungkin tidak menggunakan sendal jepit!

Ingat, nyawa Anda terlalu berharga, maka persiapkan dengan matang, antisipasi segala kemungkinan.

Selamat mendaki! Sampai ketemu di puncak!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *