20FIT .CO.ID


Cara Agar Tetap Tenang Menjalani Hidup

cara agar tetap tenang
by

Selalu diburu waktu dan dibebani oleh berbagai macam hal yang tidak ada habisnya ?Dari pekerjaan kantor, hubungan rumah tangga, ataupun urusan skripsi. Hal-hal ini dapat menimbulkan stress dan membuat energi terkuras. Berikut beberapa cara agar tetap tenang dalam menjalani kehidupan yang berliku-liku.

So, ini 7 Cara agar Tetap Tenang dalam Menjalani Hidup :

1. Ikhlaskan

Merasa masalah ini seperti akhir dari dunia kalian? Tentu tidak. Terkadang stress yang kita rasakan tentang situasi tertentu tidak akan membuahkan hasil yang baik karena sebenarnya dan kenyataan Anda sudah berada dalam masalah tersebut. Sehingga anda bisa lebih mengiklaskan dan mencoba untuk menjalani hari-hari dengan hal-hal yang positif.

2. Bernafaslah

Ketika Anda dihadapkan dengan situasi yang membuat Anda stress dan beban, hentikan apa yang Anda lakukan. Lalu lakukan selama satu menit langkah-langkah berikut:

  • Tarik napas dalam-dalam sebanyak lima kali (perut Anda harus maju dengan setiap hirupan)
  • Bayangkan semua stres itu meninggalkan tubuh Anda dengan setiap hembusan napas
  • Tersenyum
  • Jangan ragu untuk mengulangi langkah-langkah di atas setiap beberapa jam di tempat kerja atau di rumah jika perlu

3. Relaksasi

Setelah sesi pernapasan Anda, lakukan pemindaian tubuh untuk mengidentifikasi area bagian mana yang mengalami pegal (Rahang atau Bahu ? Atau bagian tubuh lain yang tidak nyaman?).

Pijat dengan lembut bagian tubuh Anda yang berada di bawah tekanan untuk mendorong relaksasi total (mungkin membantu membayangkan Anda berada di tempat yang menenangkan Anda: pantai, gunung, dll.

4. Nikmati perjalanan

Berfokus pada hasil akhir dapat menjadi melelahkan. Mengejar tujuan  membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Bagilah menjadi beberapa sasaran kecil sehingga Anda akan memiliki beberapa alasan untuk menghargai hal yang sudah anda capai dan melakukan perayaan.

Memberi diri Anda hal positif yang konsisten akan membantu Anda menumbuhkan kesabaran, tetap terdorong, dan menemukan lebih banyak sukacita dalam proses mencapai tujuan Anda.

5. Bayangkan gambaran besar

Ketika tingkat stres melonjak, tarik napas dalam-dalam, dan tanyakan pada diri Anda:
Apakah ini penting untuk anda?

Minggu depan?
Bulan depan?
Tahun depan?
10 tahun lagi?

Petunjuk: Berhentilah memikirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, karena Anda hanya menyakiti diri sendiri dan menambahkan beban pada diri anda.

6. Berhenti menuntut diri sendiri

Anda tidak sempurna dan tidak apa-apa karena tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Menuntut kesempurnaan diri Anda (atau siapa pun) hanya akan membuat Anda stres, karena itu tidak mungkin.

7. Berlatih kesabaran setiap hari

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah Anda dapat melatih kesabaran setiap hari, meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap tenang dan sejuk dalam menghadapi stres:

  • Pergi ke toko supermarket, dapatkan antrean terpanjang.
  • Daripada melalui drive-thru di mcd Anda, masuklah ke dalam.
  • Berjalan-jalanlah melalui taman terpencil atau jalan setapak.

Hal-hal tersebut merupakan cara agar tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah.

 

Baca juga : Yuk Ikuti, Tips Ampuh Hilangkan Stress

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *