20FIT .CO.ID


3 Alasan Kenapa Tidak Pakai Jeans Saat Travelling

3 Alasan Kenapa Tidak Pakai Jeans Saat Travelling
by

Bagi para petualang, jeans adalah celana wajib yang harus dipakai saat jalan-jalan. Celana yang awalnya diperuntukkan bagi pekerja tambang ini identik dengan kesan maskulin, trendy, sporty dan juga kasual. Di acara-acara resmi pun, celana jeans bisa menyatu dengan busana formal seperti jas dan kemeja. Di beberapa perusahaan, biasanya yang bergerak di industri kreatif, karyawan diperbolehkan memakai jeans sebagai ganti celana katun. Jeans diasosiasikan sebagai busana non formal yang bisa dipakai untuk acara-acara resmi juga.

Namun apabila Anda berencana untuk berwisata sebagai seorang backpacker di akhir tahun ini, pertimbangkanlah saat memutuskan untuk memakai jeans dalam perjalanan nanti.  Apalagi kalau sebagian besar dari waktu Anda digunakan untuk berjalan kaki.  Jangan sampai salah pilih kostum yang bisa berakibat pada ketidaknyamanan dalam menikmati liburan. Persiapkan pakaian yang cocok, bukan sekedar pakaian yang banyak saja.

Mengapa jeans sebaiknya dipertimbangkan untuk menjadi busana travelling?

Gerak terbatas

Jeans terbuat dari bahan yang berat. Sementara seorang pelancong membutuhkan gerakan yang luwes, ringan dan lincah. Celana yang sempit dengan bobot yang berat membuat kaki butuh energi tambahan selain untuk berjalan.  Tidak disarankan untuk menggunakan jeans jika Anda berencana mengeksplor kota wisata dengan berjalan kaki. Apalagi untuk mereka yang memiliki paha yang besar. Mengenakan jeans malah membuat tubuh tidak nyaman.

Tidak cocok untuk daerah dingin

Kalau Anda sengaja memakai jeans saat berlibur di tempat wisata yang dingin, maka siap-siap saja kecewa ketika kaki Anda tetap kedinginan. Sebab celana jeans memang  tidak dirancang untuk menghangatkan tubuh meski punya ketebalan yang berlipat.

Lama Kering

Jika Anda berencana wisata ke daerah pantai atau tempat-tempat basah, celana jeans sudah sangat dipastikan tidak cocok untuk dipakai. Sifatnya yang lama menyerap air sehingga berakibat lama mengering adalah alasan mengapa sebaiknya Anda tidak pakai jeans.  Bukankah sangat tidak nyaman apabila selesai bermain-main di laut lalu tubuh menjadi gelisah karena celana yang basah tadi tidak kering-kering juga?

Lalu, jika tetap ingin memakai jeans, ke tempat liburan seperti apa yang cocok?

Jalan-jalan ke kota adalah pilihan yang tepat jika ingin mengenakan jeans. Setidaknya, kalau pegal, akan banyak tempat-tempat istirahat untuk meluruskan kaki. Selain itu bisa juga mencari kendaraan umum apabila Anda benar-benar lelah melanjutkan perjalanan.  Dan di tengah kota jarang ada sesuatu yang bisa berakibat celana menjadi basah.  Kalau pun ada kolam air sebagai bagian dari arsitektur kota, sangat kecil kemungkinan Anda akan tercebur ke sana.  Jadi lebih baik celana jeans dipakai pada wisata yang non-backpakcer saja. Untuk yang ingin menghemat transportasi dengan banyak jalan kaki, lebih cocok mengenakan celana kain.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *