20FIT .CO.ID


Trik Tidur Lelap buat Pengidap Insomnia

Trik Tidur Lelap buat Pengidap Insomnia
by

Sering merasa susah tidur selama berjam-jam setiap malam? Kamu nggak sendirian kok. Menurut Dokter Chris Winter yang juga penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It, mendapatkan tidur nyenyak terasa sangat sulit karena kita justru terlalu memberikan tenaga untuk bisa tidur nyenyak. Coba deh ikuti tips berikut supaya kamu bisa tidur lebih enak.

Matikan lampu

Siapapun akan terbangun ketika tirai jendela kamar dibuka dan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Menurut Winter, ketika matahari terbenam maka secara alami hormon yang membuat kita tertidur, melatonin, juga diproduksi. Menurut studi dari para peneliti di University of Colorado, lampu kamar dan cahaya dari gadget mengurangi produksi hormon tersebut. Jadi, redupkan lampu kamar dan jangan bermain gadget saat kamu beranjak tidur.

Mandi air hangat

Saat tertidur, hormon penyebab stres, yaitu kortisol, dan suhu tubuh kita akan menurun. Sama halnya seperti ketika kita mandi air hangat, maka perlahan suhu tubuh juga akan menurun. Selain itu, air hangat membantu kita merasa lebih rileks.

Biarkan pikiranmu bertualang

Biarkan otakmu fokus pada hal-hal lain yang nggak membuat kamu stres. Menghitung domba adalah salah satunya, tapi kamu juga bisa memikirkan hal lain yang lebih menyenangkan, misalnya merencanakan liburan ke tempat idaman atau membayangkan sedang berkencan dengan pasangan atau selebriti favorit. Tanpa sadar, kita akan tertidur lelap.

Santai saja

Jangan terlalu fokus pada ingin tertidur lelap, karena justru kamu akan semakin sulit mendapatkannya. Yang penting cobalah untuk beranjak ke tempat tidur di jam yang sama, berolahraga teratur, dan hindari gangguan yang dapat membuat kamu tetap terjaga.

 

Featured image: nbcnews.com

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *