20FIT .CO.ID


Tren Nutrisi Tahun 2016

Tren Nutrisi Tahun 2016
by

Bukan hanya fashion atau gadget, dunia nutrisi juga mengenal tren. Di tahun 2016, yang menjadi fokus adalah pola makan berbasis tanaman. Keluarga kacang-kacangan dan polong menjadi sumber protein yang diandalkan.

Paling tidak ada dua nutrisi yang wajib Anda masukkan dalam pola makan di tahun depan.

1. Pulses
PBB mendeklarasikan tahun 2016 sebagai Tahun Pulses International. Pulses adalah kacang-kacangan yang dipanen hanya untuk biji-bijian kering. Jenisnya antara lain lentil, kacang polong, kacang hitam, atau kacang arab.

Kacang-kacangan ini merupakan sumber protein nabati dengan kandungan protein mencapai 20-25 persen dari beratnya.

Selain itu, kacang-kacangan tersebut juga mengandung asam amino dan kaya mineral penting seperti zat besi, magnesium, potasium, fosfor, zinc, dan vitamin B esensial.

Kelebihan lain dari pulses adalah rendah lemak dan bebas gluten sehingga cocok untuk berbagai tipe diet. Mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa mendapatkan manfaat pencegahan kanker, diabetes, anemia, dan kegemukan.

2. Kecambah
Kecambah atau tauge akan menjadi tren tahun mendatang. Jika dikonsumsi rutin, tauge bisa meningkatkan level enzim pencernaan. Studi tahun 2010 menunjukkan, kecambah dari berbagai jenis kacang-kacangan akan meningkatkan level vitamin C, B12, dan resveratol (antiperadangan, penuaan, dan antikanker).

Kita juga bisa membuat sendiri tauge dari berbagai jenis kacang-kacangan di rumah.

 

Penulis : Lusia Kus Anna – Yahoo news

Gambar : Shutterstock

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *