20FIT .CO.ID


Tips Sahur Sehat , Gapake Ribet

tips sahur sehat
by

Sahur sering kali membuat kita menyediakan makan asal-asalan dikarenakan terkadang kita masih mengantuk. Tetapi jangan remehkan kekuatan dari sahur untuk kelancaran puasa kalian. Kegunaan sahur sendiri untuk nutrisi tubuh dan juga energi di kala nanti kita menjalani puasa. Ketahui 6 tips sahur sehat untuk kelancaran puasamu.

SO, Ini 6 Tips Sahur Sehat :

1. Minumlah air putih ketika sahur. Air putih sangat penting serta berguna untuk menjaga agar tubuhkamu terhindar dari dehidrasi. Karena pada saat puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan minum sebanyak 8 gelas perhari.

2.Buah-buahan juga penting dimakan ketika sahur. Selain untuk sahur buah juga penting untuk buka puasa karena kandungan yang ada di dalam buah mengandung banyak vitamin dan juga elektrolit yang baik untuk kesegaran tubuh ketika beraktifitas

3. Ketika berpuasa jumlah zat besi dalam tubuh akan berkurang dikarenakan jumlah sel darah merah yang menurun. Hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke dalam otak akan berkurang dan menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena itu akan sangat baik untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung zat besi seperti jus tanpa gula.

4. Pilihlah karbohidrat yang kompleks seperti memilih nasi merah dibandingkan nasi putih ataupun lebih memilih roti gandum daripada roti putih. Selain itu juga bijaklah dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Makanan yang manis akan membuat kalian lebih cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

5. Lauk yang baik dikonsumsi adalah yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Pintar-pintarlah dalam memilih makanan sahur agar tidak mudah bosan. Misalnya kalian bisa memakan daging asap, pasta dengan keju, brokoli tumis, dan ikan salmon.

6. Hindari makanan goreng, karena makanan goreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *