20FIT .CO.ID


Tips Ngemil Sehat Ga Pake Gemuk

Tips Ngemil Sehat Ga Pake Gemuk
by

Di saat perut kita lapar dan membutuhkan makanan, maka sangat dianjurkan untuk langsung makan makanan berat walaupun jam meski pun belum tiba. Hanya saja porsinya jangan berlebihan.  Makanlah secukupnya saja. Apalagi kalau yang dikonsumsi tersebut adalah makanan berserat. Selain menyehatkan, makanan yang kandungan seratnya tinggi juga membantu kita menjaga agar perut tetap kenyang sehingga kemungkinan untuk ngemil tidak sehat lebih kecil.

Meski demikian, kalau Anda ingin tetap mengemil, misalnya lagi kumpul bersama teman atau menonton televisi, lakukan hal-hal berikut agar Anda tetap sehat dan tidak gemuk akibat terlalu banyak makan.

 

Hindari membeli junk food
Jika ingin ngemil, Anda harus menghindari untuk membeli junk food alias makanan cepat saji karena kandungan lemak jahat di dalamnya akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

 
Membuat makanan kecil sendiri
Cobalah untuk membuat makanan kecil dengan resep sendiri. Hal itu bisa menjamin kehigienisan serta kandungan gizi pada cemilan anda.

 
Perbanyak minum air
Rajin-rajinlah minum air mineral agar makanan camilan yang masuk ke dalam lambung segera diproses metabolismenya dan tidak “mengendap” terlalu lama di usus, yang bisa berakibat zat-zat yang tidak sehatnya tersebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

 
Hati-hati obesitas

Camilan seperti gorengan, keripik, atau kue manis memang sangat ‘menggoda’, tapi ‘jahat’ bagi kesehatan. Jenis makanan ini mengandung asam lemak dari minyak goreng  serta kolesterol dan kalori tinggi. Jika Anda banyak mengkonsumsi cemilan tersebut, dampak langsungnya adalah kenaikan berat badan. Apalagi jika sudah berusia 30 ke atas dan malas berolahraga (proses metabolisme tubuh menurun), akan mengakibatkan obesitas (kegemukan). Kondisi ini juga dapat mengundang beberapa jenis penyakit yang terkait dengan tingginya kolesterol dan kadar gula dalam darah.

 
Mengganti camilan dengan makanan yang lebih sehat

Ketika Anda lapar, segala jenis makanan akan terlihat menarik bagi Anda. Terutama makanan yang berkalori tinggi seperti olahan kue, keripik dan beberapa jenis snack lainnya. Agar kesehatan tetap terjaga, gantilah camilan berkalori dengan buah-buahan segar seperti apel, jeruk dan lainnya. Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dan yang paling penting adalah bahwa buah bisa membuat perut terisi penuh dalam waktu yang lama sehingga membuat Anda tidak ingin ngemil.

 
Bijaksana mengkonsumsi fastfood

Biasanya bagi para penggemar makanan cepat saji, mereka pasti akan sulit untuk tidak memesan kentang goreng. Selain praktis, mulut seperti berolahraga kalau mengunyah fried fries ini. Boleh-boleh saja kalau mau mengkonsumsi, namun  Anda tetap harus membatasi porsinya. Lebih baik memesan fast food dengan paket yang kecil, yang biasanya diperuntukkan untuk anak-anak. Dengan cara ini Anda bisa mengurangi asupan kalori hingga mencapai 50 persen. Lumayan, bukan?

So, silahkan ngemil, tapi tetap jaga porsinya ya…!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *