20FIT .CO.ID


Tips Berhenti dari Rokok

Tips Berhenti dari Rokok
by

Indonesia memiliki 51,1% rakyat yang menjadi perokok aktif. Hasil riset ini menunjukkan bahwa orang Indonesia adalah perokok tertinggi di ASEAN. Tidak heran, pabrik rokok terbesar ada di Indonesia, anggaran iklan rokok pun juga tertinggi dibanding industri-industri lain. Rokok bahkan menjadi sponsor acara-acara olahraga. Paradoks ini menunjukkan bahwa di satu sisi orang benci rokok, di satu sisi orang butuh rokok. Sangat disayangkan, meskipun masyarakat sudah mengetahui bahaya dari rokok , mereka tidak peduli.

Perokok dibedakan menjadi lima jenis yaitu, perokok aktif yang merupakan perokok yang secara nyata menghisap rokok dan menanggung sendiri akibatnya. Perokok pasif, orang yang menghisap asap rokok dari  perokok yang ada didekatnya (ia terpaksa menanggung resikonya). Perokok ringan, menghabiskan satu sampai sepuluh batang rokok perhari. Perokok sedang, menghabiskan 10-20 batang rokok perhari. Perokok berat, menghabiskan 20 batang atau lebih rokok perhari.

Tidak jarang  ada beberapa orang yang sangat ingin berhenti merokok setelah sadar bahwa kesehatannya terancam. Biasanya kalau sudah mulai terkena penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, kerusakan pada pita suara, sampai jantung.

Tidak mudah untuk berhenti rokok, apalagi bagi mereka yang terkategori perokok berat. Namun tentu bukan tidak mungkin. Berikut ini adalah tips berhenti dari rokok yang bisa Anda jadikan panduan.

  1. Buatlah target waktu. Buatlah target waktu selama 2-3 minggu tepat setelah pengambilan keputusan. Tempatkan diri pada posisi rileks. Hal ini dapat mencegah stress karena tidak merokok. Kurangi jumlah rokok perlahan-lahan secara bertahap hingga waktu yang telah ditetapkan sebagai target.
  2. Hindari kebiasaan yang dapat menimbulkan rasa ingin merokok. Biasanya rasa ingin merokok timbul saat situasi sedang meminum kopi, meminum alkohol, acara malam, debat dan lain-lain. Cobalah beralih untuk memperbanyak konsumsi susu, buah serta sayur-sayuran. Hal ini akan membuat rasa tidak enak pada tenggorokan pada saat merokok.
  3. Buatlah kesibukan. Carilah kesibukan seperti melakukan hal-hal yang bermanfaat. Hindari membuat situasi ingin menyendiri sehingga timbul rasa ingin merokok.
  4. Berpikir positif. Jangan merasa berhenti merokok adalah sebuah pengorbanan. Tetapi berpikirlah bahwa dengan tidak merokok dapat membuat hidup lebih lama.
  5. Mencari pengganti rokok. Mungkin akan terasa terganggu jika tidak merokok, namun dapat menggantinya dengan permen karet, coklat ataupun yang lainnya.
  6. Fokus pada keinginan. Fokuslah pada keinginan seperti tubuh yang sehat, bukan pada keinginan untuk berhenti merokok. Dengan begitu secara otomatis fokus akan beralih terhadap kesehatan sehingga dengan sadar dan penuh semangat untuk berhenti merokok.

Rokok memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh. Menyebabkan banyaknya penyakit yang timbul melalui asap yang dihisap dan dihirup. Bahaya yang ditimbulkan pada tubuh dapat berupa kerontokan rambut, katarak, kulit keriput, kanker kulit, hilangnya pendengaran, osteoporosis, karies, empysema, penyakit jantung, kanker,Disklori jari-jari, tukak lambung, kanker Uterus, psoreasis, penyakit Beurger, serta paru-paru.

Merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh sedikit demi sedikit. Resiko timbulnya penyakit di hari tua dapat dikarenakan menumpuk nya racun pada tubuh. Selamat mencoba tips di atas. Jagalah selalu kesehatan Anda.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *