20FIT .CO.ID


Yuk Minum Air Putih Sebelum Memulai Aktifitas

Yuk Minum Air Putih Sebelum Memulai Aktifitas
by
Minum air hangat setiap pagi, mungkin jarang Anda lakukan. Kebanyakan dari Anda membuka hari dengan meminum teh atau kopi hangat untuk membangun energi dalam tubuh segera setelah bangun tidur. Namun, saat Anda meminum air pertama kali di pagi hari, kebanyakan dari Anda cenderung memilih air dingin padahal air dingin adalah cara meminum air yang kurang tepat, terutama di pagi hari.

Minum air hangat di pagi hari, dapat membantu menyembuhkan tubuh, menyediakan suntikan kekuatan pada pencernaan dan membantu mengurangi sisa-sisa metabolik yang dapat bertumpuk di sistem imun tubuh. Air hangat dipadukan dengan lemon yang kaya akan polyphenol dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Air hangat  juga akan membuat usus mengencang, membantu mengeliminasi racun dari dalam tubuh lewat feses.

Bagi Anda yang sulit membangun kebiasaan untuk meminum air hangat terutama di pagi hari, berikut ini beberapa manfaat yang dapat membantu Anda memulai kebiasaan menyehatkan ini.

1.Pencernaan Anda akan menjadi lebih bersih
Meminum air hangat di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh Anda dengan mengeluarkan racun-racun. Cairan yang diminum dalam kondisi hangat dapat membantu mencerna makanan yang masih ada di dalam perut dan menjaga kelancaran sistem pencernaan. Air hangat dapat membantu pencernaan makanan ini secara lebih cepat sehingga makanan lebih mudah dicerna.

2.Membantu mengatasi sembelit
Sembelit pasti pernah dialami oleh siapa saja, sehingga ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan feses terjadi kesulitan dan perut yang terasa kembung. Sembelit terjadi akibat kurangnya konsumsi dan asupan air di dalam tubuh. Dengan meminum air hangat di pagi hari ketika perut dalam keadaan masih kosong, dapat membantu pergerakan usus sehingga sembelit teratasi karena makanan dicerna dengan baik dan dapat melewati usus dengan lancar. Stimulasi yang terjadi pada pencernaan juga dapat membantu tubuh kembali berfungsi dengan normal.

3.Meredakan rasa sakit
Air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit akibat haid hingga sakit kepala. Panas dari air hangat memiliki manfaat yang menenangkan dan merilekskan otot-otot perut, membantu meredakan kram dan kejang otot. Cairan yang panas dapat membantu menambah aliran darah ke kulit dan membantu merilekskan otot-otot yang kram.

4.Membantu membuang kelebihan lemak
Bagi yang sedang berdiet, meminum air hangat ketika bangun pagi juga dapat membantu proses penurunan berat badan Anda. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menambah laju metabolisme dalam tubuh. Laju metabolisme yang bertambah memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan menyehatkan saluran pencernaan dan ginjal agar memiliki fungsi yang lebih baik. Tambahkan perasa lemon dalam air hangat. Khasiat lemon akan dapat membantu menguraikan jaringan adipose atau lemak dalam tubuh, serta membantu mengontrol nafsu makan lewat serat pectin dalam lemon.

5.Memperbaiki sirkulasi darah
Lemak yang tersimpan di dalam tubuh mulai tereliminasi bersama dengan lemak yang tersimpan di dalam sistem saraf saat Anda mengonsumsi segelas air hangat. Cara ini menyaring dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang ikut tersirkulasi dalam darah dan kemudian memperbaiki sirkulasi darah agar kembali normal. Adanya otot yang juga menjadi lebih rileks setelahnya juga akan membantu.

6.Membantu menghentikan penuaan dini 
Penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput saat sebenarnya keriput dapat Anda tunda kemunculannya. Dengan meminum air hangat secara teratur, racun-racun yang ada di dalam tubuh dan dapat mempercepat penuaan dini dapat dikeluarkan secara teratur sehingga perbaikan sel kulit dapat terus terjadi dan kulit tetap elastic dalam waktu yang lama.

Minumlah air yang hangat, bukan air yang panas karena air yang terlalu panas malah dapat merusak jaringan mulut dan kerongkongan. Setelah merebus air, biarkan air mendingin beberapa menit sebelum Anda mulai meminumnya.

Biasakanlah untuk hidup sehat mulai dari sekarang!

Sumber : Meetdoctor

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *