20FIT .CO.ID


Sayangilah jantung Anda

Sayangilah jantung Anda
by

Untuk menjaga kesehatan tentu kita harus berolahraga dan menjaga pola makan serta istirahat yang cukup. Olahraga juga dijadikan sebagai sarana pendukung dalam diet. Olahraga juga dapat melancarkan peredaran darah. Sudah terbukti bahwa olahraga adalah bagian dari pentingnya kelangsungan hidup sehat. Bahkan ada perusahaan yang menetapkan peraturan pada karyawannya untuk senam setiap pagi. Di instansi pemerintah, setiap Jumat selalu ada senam pagi bersama.

Seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bagi kesehatan jasmani tapi juga rohani. Adapun manfaat yang didapat dari berolahraga adalah membantu mengontrol berat badan, meningkatkan mood, meningkatkan energi, meningkatkan memori, serta mencegah berbagai macam penyakit. Tapi bagaimana bila dilakukan secara berlebihan?

Tahukah Anda bahwa berolahraga secara berlebihan dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak. Olahraga seperti marathon, triathlon, bahkan sampai futsal. Olahraga-olahraga tersebut memberi dampak lebih pada jantung jika dilakukan secara berlebihan. Fungsi jantung yang harusnya stabil justru melemah. Seperti yang Anda ketahui, penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada tahun 2014 adalah jantung. Hal ini terjadi karena adanya kegiatan yang dilakukan secara terus menerus seperti olahraga. Fungsi asli dari olahraga yaitu agar meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi jika dilakukan secara berlebihan justru akan membuat tubuh kelelahan karena olahraga dilakukan terus menerus melebihi batas kemampuan yang dimiliki oleh tubuh. Bahkan ada kasus dimana seorang pemain futsal yang tiba-tiba meninggal saat pertandingan. Setelah diteliti, ternyata pemain tersebut terkena serangan jantung mendadak.

Gejala yang kerap kali diabaikan adalah sakit perut tiba-tiba, sakit dada ringan, hingga sesak napas ringan. Meskipun gejalanya terlihat sangat sepele dan mirip dengan gejala masuk angin, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri agar tahu dengan pasti. Jika sudah memiliki gejala seperti ini, jangan mengira ini hanyalah masuk angin sehingga Anda lebih memilih untuk dikerik (cara tradisional) untuk membuatnya reda. Bahkan sebenarnya mengerik punggung tidak diperbolehkan karena akan membuat pori-pori melebar. Tidak ada salahnya memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Lalu bagaimana seharusnya waktu yang baik digunakan saat berolahraga? Jika dilakukan setiap hari, lakukanlah selama satu jam saja dan jangan lebih. Olahraganya pun harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh yang dimiliki. Seperti skipping atau olahraga ringan lainnya. Jika tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya setiap hari, tidak masalah jika hanya dua atau tiga minggu sekali. Waktu yang dipakai juga tidak boleh berlebihan. Maksimal adalah tiga jam termasuk waktu istirahat saat olahraga.

Perlunya kewaspadaan akan gejala-gejala tersebut merupakan suatu keharusan. Tentunya kita tidak ingin mengalami hal serupa saat berolahraga. Sayangilah jantung Anda. Perhatikan juga keamanan saat berolahraga. Termasuk kondisi tubuh yang fit sehingga memungkinkan untuk melakukannya.

Share

Comments

comments

Comments

  1. […] program fitness yang sederhana. Rutin mengikuti program fitness secara teratur, akan membuat kinerja jantung lebih optimal, diiringi dengan sirkulasi darah yang lancar. Konsentrasi gula darah juga akan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *