20FIT .CO.ID


Sauna Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

sauna turunkan berat badan, mitos atau fakta
by

Banyak orang melakukan sauna untuk beberapa hal tertentu. Salah satunya adalah untuk proses relaksasi dalam tubuh atau hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Lalu, buat kalian yang masih bertanya-tanya sauna turunkan berat badan itu mitos atau fakta. Akan dibahas lebih lanjut dibawah.

Benarkah sauna turunkan berat badan? Mitos atau Fakta?

Sauna merupakan sebuah ruangan yang dinding dan lantainya terbuat dari kayu. Di dalamnya juga di sediakan tempat duduk dan pemanas ruangan. Panasnya suhu bisa diatur hingga 85 derajat celcius. Sehingga menimbulkan efek berkeringat . Sauna biasanya berada di tempat gym atau tempat perawatan kecantikan.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan bersauna dapat membakar lemak pada tubuh. Padahal ketika sedang melakukan sauna yang terkuras pada tubuh adalah cairan bukan lemak pada badan. Dalam kata lain yang hilang adalah berat air tubuh anda. Berat badan normal pun akan kembali seperti sedia kala jika kita makan atau minum setelah sauna.

Ketika sedang bersauna sebanyak satu liter cairan melalui keringat keluar dari tubuh kita. Oleh karena itu secepatnya harus segara digantikan. Sehingga nantinya tidak akan menimbulkan efek samping seperti dehidrasi. Salah satu cara untuk menggantikan cairan tubuh yang sudah hilang adalah dengan meminum air putih.

Pembakaran lemak pada saat sauna

Hal ini sering disalah artikan oleh orang banyak. Bahwa ketika sauna, detak jantung akan meningkat. Efek ini sama dengan efek ketika seseorang sedang berolahraga. Tetapi kalori yang terbakar ketika sedang olahraga dan sauna sangat berbeda jauh.

Sehingga biarpun sauna dapat membakar kalori dalam tubuh, kalori yang dibakar sangatlah sedikit dan tidak dapat menurunkan berat badan. Jika anda ingin menurunkan berat badan secara signifikan anda dapat melakukan pengurungan kalori dalam makanan dan olahraga yang teratur.

Baca juga : Gaya Hidup untuk Bentuk Tubuh Ideal tanpa Harus Diet

Untuk itu ketika di dalam sauna tidak diperlukan waktu yang lama untuk berada di ruangan tersebut. Pakailah sauna dalam batas wajar penggunaanya yaitu sekiar 15-20 menit.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *