20FIT .CO.ID


Resolusi Kesehatan Mental di Tahun 2016

Resolusi Kesehatan Mental di Tahun 2016
by

Resolusi tahun baru sering fokus pada peningkatan kesehatan fisik. Tetapi, bagaimana dengan kesehatan mental Anda?

Sejauh ini, budaya pada umumnya sering menolak perawatan diri sendiri untuk mental, sebagian karena stigma terhadap mereka yang menghadapi penyakit mental. Namun apa salahnya jika Anda berfokus pada kondisi mental sebagai resolusi tahun baru ini?

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukannya:

1. Coba meditasi

Meditasi saat ini bukanlah hal yang yang menakutkan. Praktek ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang lebih baik bagi kesejahteraan. Ada beberapa metode meditasi yang menawarkan berbagai tingkat investasi.

Cobalah sisihkan lima menit waktu Anda untuk melakukan meditasi ketika Anda bangun atau sebelum Anda pergi tidur. Anda mungkin akan memulai atau mengakhiri hari Anda dengan catatan positif.

2. Menulis jurnal

Menulis bisa menjadi pengalaman yang membebaskan diri Anda. Cobalah menulis jurnal atau bahkan hanya menulis kecemasan Anda dan membuangnya ke tempat sampah.

Sebuah studi 2012 menemukan, menulis berbagai masalah dan kemudian membuangnya dapat membantu membersihkan pikiran. Para ahli juga menyarankan ada baiknya Anda menulis ketika sedang mengalami kekhawatiran besar.

3. Olahraga

Olahraga akan melepas endorfin dalam tubuh. Ketika Anda berolahraga, otak Anda melepaskan bahan kimia yang membuat Anda merasa lebih baik. Cobalah untuk melakukan olahraga yang sesuai dengan aktifitas Anda. Jangan skali-kali meremehkan olahraga, karena olahraga memiliki banyak sekali keuntungan bagi hidup Anda.

Jadi, sudah siapkan menghadapi tahun 2016 dengan hidup yang lebih sehat?

 

Penulis : Kiki Safitri – Lifestyle.com

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *