20FIT .CO.ID


Resolusi 2016, Berat Badan Ideal?

Resolusi 2016, Berat Badan Ideal?
by

Bicara tahun baru, selain berbicara tentang liburan, juga berbicara tentang resolusi. Resolusi adalah “cita-cita” alias target jangka pendek yang akan dicapai seseorang ketika menjalani tahun yang baru. Ada yang beresolusi terhadap karir, bisnis, pendidikan, hubungan percintaan, dan sebagainya. Termasuk juga dalam hal berat badan. Jangan salah, inilah resolusi yang sebagian besar orang (khususnya kaum wanita) ingin mencapainya. Dari mulai target menurunkan sekian kilo hingga menaikkan sekian kilo. Namun pada umumnya, resolusi penurunan berat badan jauh lebih banyak daripada menaikkannya.

Jika Anda termasuk orang yang punya resolusi seperti ini, maka mulailah memilih menu latihan yang gerakannya melibatkan sebagian besar anggota tubuh seperti kaki, tangan, pergelangan, pinggul, hingga perut. Gerakan yang melibatkan seluruh tubuh jauh lebih efektif dalam mempercepat hilangnya lemak dibandingkan yang hanya satu dua anggota badan. Bagi yang tidak terbiasa, tentu saja akan merasakan pegal-pegal dan nyeri setelah latihan. Namun jika tidak mau seperti itu, bisa dimulai dengan memilih latihan aerobik yang intensitasnya rendah, lalu meningkat ke latihan dengan intensitas tinggi dan kembali ke rendah sebagai penutup.

Bersepeda dan berlari adalah dua contoh latihan yang sama-sama melibatkan otot-otot besar. Kedua jenis ini bisa meningkatkan metabolisme yang mempercepat pembakaran lemak, selain memperkuat otot kaki tentunya. Hanya dengan main sepeda dan jogging secara rutin sebenarnya bisa membantu Anda mencapai resolusi penurunan berat badan tahun depan asalkan rutin dan tentunya menjaga pola makan juga.

Sebelum mendaftarkan diri ke pusat-pusat kebugaran demi mencapai target resolusi, ada baiknya seseorang memahami tubuhnya sendiri secara menyeluruh. Memilih jenis latihan tertentu sebenarnya bukanlah treatment yang cocok untuk semua orang. Jika kondisi tubuh secara umum sehat dan postur badan berukuran rata-rata (tidak gemuk tapi juga tidak ceking), maka cukuplah secara rutin bersepeda atau berjogging di taman agar bisa turun berat badan. Namun bagi mereka yang mengalami obesitas, atau tubuh tidak proporsional, baru bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional yang memahami kesehatan dan kebugaran untuk mendapat rekomendasi latihan yang cocok.

Setelah mendapat latihan yang pas, maka mulailah mengatur pola makan. Makan yang paling bagus dalam menjaga berat tubuh adalah makan saat lapar. Minum yang paling disarankan adalah minum satu jam setelah makan. Mengkonsumsi buah-buahan yang sangat dianjurkan adalah sebelum makan berat. Masalahnya, banyak orang yang minum di sela-sela makan dan menutupnya dengan menu “pencuci mulut”. Itulah sebabnya mengapa ada orang yang gagal dalam dietnya. Bukan karena salah pada menunya, tapi keliru dalam cara mengkonsumsi makanan minumannya.

Maka demi mencapai resolusi 2016, mulai sekarang rajin-rajinlah berolahraga dan jaga pola makan Anda.

Buat anda yang memiliki keterbatasan waktu jangan berkecil hati, hanya dengan 20 menit 2 kali sehari anda pun sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal, cek 20FIT for more info!

Semoga berhasil!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *