20FIT .CO.ID


Puasa Berat Badan Kok Makin Naik?

puasa berat badan
by

Momen bulan puasa sering dijadikan waktu bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Tapi terkadang sebaliknya justru ketika setelah menjalani puasa selama 30 hari, badan melonjak naik tidak karuan. Kira-kira apa ya yang salah? Yuk, ketahui 5 alasan ketika puasa berat badan malah melonjak naik.

4 Alasan ketika Puasa Berat Badan Makin Naik Ketika Puasa :

1. Langsung Tidur ketika Sahur

Banyak orang yang memilih untuk melajutkan tidur setelah selesai makan sahur. Padahal kebiasaan seperti itu tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan ketika kamu langsung tidur setelah sahur akan membuat perut menjadi buncit. Akan lebih baik untuk membiasakan diri untuk tidur 3 jam setelah makan agar makanan bisa dicerna dengan baik.

 

2. Porsi makan dan sahur yang berlebihan

Setelah berpuasa seharian biasanya kita akan melampiaskan diri untuk memakan makanan yang kita inginkan. Ataupun kita menjadi tidak tahan untuk memakan seluruh makanan yang ada di meja makan. Termasuk ketika sahur, terkadang kita makan berlebihan dengan anggapan bahwa kita akan kuat ketika menjalani puasa. Akibatnya secara tidak sadar, porsi makanmu saat berpuasa malah lebih banyak dari biasanya. Untuk mensiasati hal ini kalian dapat menggunakan piring makan yang lebih kecil dibandingkan biasanya

3. Kurang aktifitas fisik

Tidak dipungkiri jika saat puasa tubuh jadi mudah lemas saat melakukan aktivitas yang membuat kita lebih memilih untuk tidur dibandingkan melakukan kegiatan seperti berolahraga. Padahal tubuh akan lebih mudah naik ketika tidak melakukan olahraga fisik padahal kita memakan banyak makanan penuh  kalori. Untuk itu sangat disarankan memilih olahraga fisik yang sesuai dengan kekuatan badan  seperti yoga ataupun jogging.

4. Banyak makan manis saat puasa

Makanan manis menjadi godaan saat berpuasa, terutama saat berbuka. Kolak, bubur sumsus, es buah, es campur, es kelapa biasanya menjadi pilihan untuk berbuka. Tapi yang perlu diingat jangan terlena sampai berlebihan ketika memakan makanan manis. Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh, yang jadi mengacaukan diet Anda. Maka, lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah, sayur, dan nasi merah.

source 

 

 

 

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *