20FIT .CO.ID


Perbedaan Otak Orang Gemuk dan Ramping

Perbedaan Otak Orang Gemuk dan Ramping
by

Perbedaan otak yang signifikan dapat ditemukan pada orang gemuk dan orang ramping. Seberapa besar perbedaannya?

Otak manusia adalah seperti yang sudah kita semua ketahui adalah pusat sistem saraf dalam tubuh manusia. Otak memiliki peranan penting bagi tubuh. Otak manusia merupakan struktur pusat pengetahuan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Apa perbedaan otak dari orang gendut dan ramping?

Para peneliti dari Universitas Cambridge menemukan fakta obesitas membuat usia otak 10 tahun lebih tua dibanding otak orang yang memiliki berat badan ideal. Penelitian ini dilakukan dengan mengecek 473 otak manusia berusia 20-87 tahun. Pada orang obesitas atau indeks massa tubuh di atas 25, struktur otaknya terlihat jauh lebih tua atau sama seperti struktur orang yang lebih tua.

Perbedaan otak

Selain itu ada bagian otak yang menyusut, yaitu materi putih di otak. Penyusutan bagian otak itu berkaitan dengan penurunan kognitif dan demensia. Akan tetapi, dalam tes IQ tidak ada perbedaan kemampuan kognitif antara orang yang obesitas dan tidak.

Kami menemukan, orang-orang yang kelebihan berat badan memiliki volume materi putih yang lebih kecil dibanding mereka yang bertubuh ramping. Penyusutannya sangat signifikan,” kata peneliti utama, dokter Lisa Ronan dari Departemen Psikiatri di Universitas Cambridge.

Profesor Sadaf Farooqi, dari Wellcome Trust-Medical Research Council Institute of Metabolic Science di Cambridge mengatakan, sejauh ini penelitian belum menemukan dampak dari perbedaan otak atau penuaan struktur otak yang lebih cepat itu. Tapitetap saja ada perubahan yang terjadi pada otak Anda.

Seiring bertambahnya usia, otak manusia memang menyusut, tetapi obesitas dinilai dapat mempercepat penuaan otak. Tetaplah melakukan pola hidup sehat, dan biasakan anak Anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat sejak dini dan tetaplah aktif bergerak.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *