20FIT .CO.ID


Penyakit-penyakit yang Disebabkan Softdrink

Penyakit-penyakit yang Disebabkan Softdrink
by

Softdrink merupakan minuman berkarbonasi yang diberi tambahan seperti gula. Namun dampak yang ditimbulkan pada tubuh tidak semakin rasa pada softdrink itu sendiri. Minuman yang satu ini memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan. Tidak banyak yang tahu mengenai hal ini, namun ada baiknya Anda mengetahui penyakit yang akan ditimbulkan oleh minuman ini.

Saat mendengar kata softdrink yang tergambar adalah rasanya yang manis dan menyegarkan. Tahukah Anda, minuman yang tersedia di berbagai tempat ini memiliki segudang racun untuk membuat tubuh menjadi lemah akibat penyakit yang ditimbulkan?

Berikut ini adalah Penyakit-penyakit yang disebabkan  oleh softdrink:

  1. Meminum segelas softdrink sama saja meminum segelas penuh gula. Hal ini sangat berbahaya, terutama jika diminum oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan gula yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi cepat gemuk. Jika terlalu sering mengkonsumsinya, akan ada resiko timbulnya alzaimer.
  2. Tubuh menjadi rentan. Kondisi keasaman tubuh yang tinggi akan membuatnya rentan terhadap penyakit. Softdrink akan meninggalkan kadar asam pada tubuh. Hal ini dapat menimbulkan penyakit kronis seperti Arthriitis dan Kanker.
  3. Merusak tulang. Salah satu bahan aktif pada softdrink adalah asam fosfat. Asam fosfat dapat melebarkan paku hanya dalam waktu empat hari saja. Jika darah mengandung lebih banyak fosfat dibanding kalsium, maka kalsium akan terdorong keluar dari tulang. Hal ini akan membuat tulang menjadi rapuh sehingga dapat menyebabkan keropos dan patah.
  4. Keropos pada gigi dan masalah gusi. Meminum softdrink akan menumpuk plak pada gigi. Kandungan gula dan asam pada gula dan soda dapat mengikis gigi sehingga gigi menjadi keropos dan menyebabkan masalah pada gusi.
  5. Efek berbahaya lainnya adalah penurunan kesehatan tulang. Kandungan fosfor dapat membuat tulang menjadi rapuh.
  6. Kencing manis. Softdrink dapat membuat kandungan gula dalam tubuh meningkat drastis. Sehingga kinerja insulin jadi terganggu dan menyebabkan penyakit kencing manis.
  7. Kebanyakan minuman seperti ini mengandung kafein. Kafein dalam jumlah kecil, jika dikonsumsi secara rutin tentu tidak berbahaya malah justru bermanfaat. Namun jika berlebihan dapat meningkatkan resiko darah tinggi, detak jantung tidak beraturan, gangguan tidur dan lain-lain.
  8. Merusak ginjal. Pewarna yang dipakai untuk membuat softdrink terlihat menarik adalah pemicu utama terjadinya kerusakan pada ginjal.

Kita selalu tergoda untuk meminum softdrink apalagi di cuaca panas saat sedang berkeringat akibat beraktifitas. Rasanya meminum softdrink adalah solusi tepat untuk menyegarkan tenggorokan. Warnanya yang menarik serta rasanya yang manis membuat yang melihatnya tergoda untuk meminumnya. Tetapi, setelah melihat dampak penyakit yang ditimbulkan minuman ini, apa Anda masih berminat untuk meminumnya? Tentu saja tidak.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *