20FIT .CO.ID


Olahraga yang Tepat Ketika Puasa

olahraga yang tepat ketika puasa
by

Bulan puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Justru seharusnya di bulan ini kalian semakin rajin untuk berolahraga agar badan tetap fit dan sehat. Ketika bulan puasa asupan yang di dapatkan oleh badan akan semakin berkurang. Jika kalian semakin jarang untuk berolahraga badan kalian akan semakin lemas dan loyo. Ujung-ujungnya kerja pun jadi gak fokus dan malas-malasan. Yang disarankan adalah 30-60 menit sebelum buka, sehingga kamu bisa langsung minum dan mengganti cairan yang hilang setelah berpuasa ditambah dengan olahraga. Yuk ketahui olahraga yang tepat ketika puasa

5  Jenis Olahraga yang Tepat Ketika Puasa :

1. Jogging

Olahraga ini bisa menjadi pilihan kalian untuk menunggu waktu berbuka puasa. Pilihlah tempat jogging yang banyak pohon rindang. Selain itu juga kalian dapat memilih untuk jogging di atas treadmill jika tidak ingin merasakan panasnya matahari. Joging termasuk ke dalam latihan kardiovaskular sehingga sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum berbuka puasa. Manfaatnya sangat banyak bagi tubuh, mulai dari membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan

2. Zumba dan Aerobik

Kedua olahraga ini diiringi dengan alunan musik. Walaupun gerakannya ringan dan mudah diikuti, latihan zumba dan aerobik ini efektif banget buat membakar kalori dan menurunkan berat badan lho. Kalau dilakukan dengan benar, kamu bisa membakar sampai 350 kalori dalam waktu 30 menit.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang paling pas ketika berpuasa. Yoga, gak cuma bikin tubuh kamu bugar, tapi pikiran pun juga makin sehat. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang. Yoga dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Gak hanya itu, latihan teknik pernapasan dalam yoga juga bisa menambah suplai oksigen dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan produksi hormon lho. Pilih gerakan yoga yang gak terlalu menguras energi. Fokus aja ke teknik pernapasan dan postur-postur yang gampang.

4. Stretching

Gak punya waktu banyak untuk melakukan olahraga berat?  Kamu bisa lakukan stretching dan pemanasan ringan dalam 10 menit aja. Gerakan-gerakannya mudah kok, contohnya lari di tempat, plank, sit-up, push-up, dan lunges. Ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku setelah duduk seharian. Dengan begitu, badan kamu gak akan loyo dan gampang capek walaupun puasa.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *