20FIT .CO.ID


Musik dapat meningkatkan kesehatan

Musik dapat meningkatkan kesehatan
by

Selain sebagai hiburan, musik dapat mempengaruhi kesehatan mental dan jiwa anda. Dengan mendengarkan musik Anda akan mendapatkan perubahan suasana hati yang bahagia serta mudah untuk berkonsentrasi. Sebuah studi menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, khususnya musik yang bernuansa instrumental dapat memberikan dampak reaksi pada beberapa bagian sel otak terutama yang berkaitan dengan memori dan penglihatan.

Musik dapat meningkatkan kesehatan di tunjukkan lagi melalui studi yang di lakukan di Kanada tahun kemarin ini menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dengan beberapa bagian inti dari sel otak yang berkaitan dengan rangsangan seperti makanan, cahaya, aktivitas dan lainnya.

Musik dapat meningkatkan kesehatan, terbukti dari manfaat-manfaat berikut;

  1. Meningkatkan suasana Hati

Reaksi orang saat mendengarkan musik umumnya tidak sama, namun dalam sebuah studi yang di lakukan di Kanada pada tahun 2011 lalu menyimpulkan bahwa “Musik favorit apapun yang di putar sesuai dengan keinginan hati Anda maka akan dapat mencairkan suasana hati yang galau”.

Selain itu menurut sebuah penelitian yang di lakukan di McGill University Montreal menyimpulkan bahwa mendengarkan musik favorit akan merangsang pelepasan hormon dopamin, yang menyebabkan diri kita lebih rileks dala situasi tertentu.

  1. Fokus

Sebuah bukti menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda lebih fokus dalam berfikir. Ada satu alat “digital tonic” yang di sebut Ubrain, mengklaime dapat membantu fikiran fokus dan lebih rileks.

Katanya aplikasi ini dapat bekerja berdasarkan binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda meningkatkan mood, energi dan semangat untuk mendengarkan musik favorit.

Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, sehingga kita dapat menginduksi pada beberapa bagian otak agar tetap terjaga, tergantung pada apa yang akan kita lakukan,” menurut Paris seorang psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi di Brunel Universitu London barat. Menyimpulkan bahwa mendengarkan musik favorit setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh sebesar 15%, serta dapat meningkatkan efisiensi energi sebesar 1-2% juga meningkatkan semangat hidup.

Sebaiknya gunakanlah musik yang sesuai dengan tempo olahraga Anda, berolahraga sambil mendengarkan musik akan menambah efek metronomik sehingga anda lebih semangat dan dapat berolahraga lebih lama.

  1. Kesehatan mental

Musik akan memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan mental Anda, karena dengan mendengarkan musik akan sangat sesuai bagi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental.

  1. Meredakan Depresi atau stress

Sebuah riset tahun 2011 menyimpulkan bahwa hampir sepertiga orang mendengarkan musik yang bertujuan untuk memberikan semangat saat sedang melakukan pekerjaan. Dan satu dari empat orang yang mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu meredakan stress dan depresi.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *