20FIT .CO.ID


Mau Backpacker-an, Jangan Lupa Bawa Air Mineral!

Mau Backpacker-an, Jangan Lupa Bawa Air Mineral!
by

Musim liburan tinggal beberapa minggu lagi. Bagi mereka yang sudah merencanakan untuk melancong ke luar negeri dengan modal dengkul, maka selain kebugaran tubuh yang dibutuhkan, juga beberapa liter air putih untuk mencegah dehidrasi. Mengapa demikian? Banyak berjalan kaki membuat tubuh mengeluarkan cairan dari kulit alias keringat sehingga tubuh butuh asupan air lagi. Dengan terus menerus minum, maka tubuh terjaga dari dehidrasi. Apa akibatnya kalau kekurangan air? Minimal akan mengalami rasa pusing di kepala. Dan ini jelas sangat mengganggu perjalanan liburan Anda. Oleh karena itu, minum air putih minimal 2 liter per hari (bahkan harus lebih kalau sedang bepergian) harus menjadi kebiasaan baru menjelang dan saat berlibur. Dalam studi European Journal of Neurology, intensitas sakit kepala dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan air. Maka sering-seringlah minum air putih. Malah lebih bagus jika paska liburan bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.

coffee-night-heaven-theme-destruction-large

Selain untuk mencegah dehidrasi, apa saja manfaat air putih? Salah satunya adalah mengoptimalkan fungsi otak. Bukan hanya ginkgo biloba yang bermanfaat untuk otak, air putih pun juga bisa untuk kelancaran sistem saraf dan membantu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Apalagi kalau sedang berada di daerah wisata yang notabene masih asing bagi kita, daya ingat yang optimal sangat membantu ketika Anda tersasar di jalan.
Selain itu, air putih bisa mencegah penyakit gagal ginjal yang sangat berbahaya. Mereka yang hobi travelling dengan menjadi backpacker harus berhati-hati terhadap penyakit ini. Efeknya bukan sekedar pusing-pusing saja, tapi malah bisa berujung ke rumah sakit. Jauh hari sebelum hari keberangkatan, usahakan asupan air mineral tercukupi. Minumlah delapan gelas sehari atau yang setara dengan dua liter. Lebih banyak lebih bagus sehingga ginjal yang harus memproses 200 liter darah per hari terjaga kinerjanya.

Air putih juga mampu menjaga otot agar tetap segar dan sehat. Seperti kita ketahui, 75 persen otot terdiri dari air sehingga kita harus terus menerus mengkonsumsi air agar otot tetap fit. Ini bisa membantu kontraksi otot dan mencegah kram sehingga bisa melakukan aktifitas fisik dengan sempurna tanpa diganggu rasa pegal dan capek. Kalau kurang minum, bukan saja otot yang bermasalah, bahkan otak pun akan mengirimkan sinyal agar tubuh menyimpan lebih banyak lagi air. Efeknya, kaki dan tangan bisa menjadi bengkak.
Mengkonsumsi air tidak hanya bermanfaat untuk libur saja. Untuk kebutuhan sehari-hari, minum air putih bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis yang mematikan seperti stroke atau pun kanker. Racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat dan air seni apabila kita rajin mengkonsumsinya. Jadi, siapkan botol yang cukup selama perjalanan Anda nanti. Di luar negeri mungkin banyak kran air minum yang bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak, namun jika Anda berwisata di dalam negeri, mungkin sulit untuk mendapatkan kran seperti itu.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *