20FIT .CO.ID


Manfaat Puasa Bagi Kesehatanmu

manfaat puasa
by

Kalian tau ga sih ternyata puasa itu memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu. Selain untuk proses detoksifikasi ternyata puasa memiliki manfaat yang lain yang baik untuk tubuh kamu. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, puasa yang sehat dapat bermanfaat bagi tubuh. Yuk, ketahui manfaat puasa bagi kesehatanmu.

4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan mu :

1. Membantu memperbaiki kondisi tubuh

Puasa dengan pola yang sehat dapat membantu untuk memperbaiki tubuh. Tetapi harus tetap di iringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya. Selain itu juga puasa dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar.

2. Menyehatkan jantung dan pembuluh darah

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang di seluruh dunia terlebih lagi di Indonesia. Penyakit ini bisa datang mendadak tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Tetapi tidak perlu khawatir ketika berpuasa memiliki dampak yang sangat baik bagi jantung, ketika berpuasa, tubuh kita ternyata melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang menurut penelitian “chronobiological” ternyata hal tersebut merupakan hal yang sehat bagi jantung dan pembuluh darah.

3. Mengurangi resiko kanker

Ketika bulan puasa proses pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker.

4. Menjaga berat badan

Pembakaran lemak menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol dalam tubuh. Penurunan berat badan sendiri akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika kalian tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa.

Namun, bisa kembali naik begitu Anda berbuka puasa. Hal ini karena ketika berpuasa Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih, ketika berbuka puasa Anda justru melampiaskan nafsu makan. Sehingga sebisa mungkin untuk tetap menjaga pola makanan ketika buka puasa. Makan-makanan yang secukupnya dan bergizi.

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *