20FIT .CO.ID


Manfaat Olahraga Golf untuk Jantung

Manfaat Olahraga Golf untuk Jantung
by

Olahraga golf merupakan salah satu olahraga elite. Olahraga ini terbilang olahraga yang cukup mahal. Jangankan hanya membeli stiknya yang bisa berharga puluhan juta, untuk menjadi anggota klub golf pun Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Tidak heran kalau sebagian kalangan menganggap golf adalah olahraga kaum elit.

Meski demikian, olahraga ini tidak saja (terlihat) sangat mudah namun ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung.  Golf ini sudah cukup lama populer di berbagai belahan negara,  termasuk Indonesia.  Di beberaa kota terdapat driving range yang bisa dipakai untuk latihan awal golf. Tidak saja kalangan orang tertentu saja, bahkan anak-anak pun juga banyak yang mulai belajar golf. Sebagai sebuah olahraga yang tidak “terlalu melelahkan”, golf memang mulai banyak diminati. Di Indonesia, tempat yang menjadi destinasi wisata golf adalah Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau. Berbagai turnamen sering diadakan, baik tingkat nasional maupun komunitas.

Tahukah Anda bahwa olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung?  Berikut ini adalah manfaat golf untuk kesehatan diri Anda

  • Melancarkan peredaran darah

Kenapa golf bisa melancarkan peredaran darah?. Padahal jika dilihat, olahraga ini menggunakan gerakan yang itu itu saja. Saat memasuki lapangan golf, mau pindah dari satu hole ke hole yang lain, sebagian golfers lebih memilih untuk naik kendaraan yang di sediakan (buggy).  Padahal,  akan lebih baik jika para golgers pindah ke titik lain dengan berjalan kaki saja.   Berjalan bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda.  Tentu saja berdampak pada menguatnya fungsi jantung,  sehingga Anda akan mengeluarkan keringat.  Hal ini berdampak positif karena tubuh akan merasa lebih baik setelahnya.

  • Meningkatkan kekuatan otot jantung

Olahraga ini sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan otot jantung.  Terbukti, rata rata orang yang mengikuti olahraga ini dengan rutin akan terhindar dari penyakit kronis seperti darah tinggi, stroke, lemah jantung dan sebagainya.  Hal ini terjadi karena adanya pacuan terhadap jantung untuk memompa dengan normal.  Bahkan orang yang sudah terkena penyakit jantung pun dapat menjadikan olahraga ini sebagai terapi.

  • Mengurangi stress

Olahraga ini terbukti sebagai olahraga yang dapat mengurangi stres.  Kenapa? Karena golf dilakukan di ruangan terbuka. Apalagi golf juga tidak termasuk olahraga yang berat, bisa dilakukan dengan gerakan- gerakan yang tidak sulit. Olahraga juga sangat ramah untuk tubuh.  Seperti yang Anda ketahui, golf tidak memiliki banyak gerakan serta tidak memiliki banyak aturan. Berbeda dengan misalnya futsal, basket, atau voli. Selain itu Anda juga tidak perlu pusing memikirkan menang atau kalah dalam olahraga ini.  Karena itu,  olahraga golf ini sering dibilang sebagai olahraga yang santai dan tepat untuk melepas stres.

  • Membuat pikiran lebih rileks

Kenapa olahraga ini dapat membuat pikiran Anda menjadi rileks? Golf hanya memiliki satu tujuan,  yaitu memasukkan bola ke dalam lubang yang terdapat pada area yang ditentukan.  Seperti yang disebutkan sebelumnya,  Anda tidak perlu memikirkan menang atau kalah.  Anda hanya perlu memusatkan pikiran Anda pada satu hal saja,  yaitu bola golf yang akan dipukul dengan stik golf.  Dengan begitu,  secara otomatis pikiran Anda akan tertuju pada bola golf saja.  Dan tentu saja hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan jantung Anda.

Nah,  setelah Anda mengetahui manfaat bahwa olahraga golf baik untuk kesehatan jantung, apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga ini di sela sela waktu sibuk Anda?  Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *