20FIT .CO.ID


Langsung Mandi Setelah Olahraga, Apakah Aman?

langsung mandi
by

Ketika berolahraga badan akan berkeringat membuat badan menjadi gerah. Anda akan merasakan badan bau, lengket. Lalu setelah itu hal selanjutnya yang akan anda lakukan adalah mandi. Tapi tunggu dulu, ternyata mitosnya mandi setelah berolahraga itu kurang baik loh. Lantas, apakah langsung mandi setelah olahraga itu aman atau tidak? 

Jadi, langsung mandi setelah berolahraga itu

Ketika mandi setelah berolahraga dapat membantu meringankan nyeri pada otot dan sendi. Selain itu juga ketika mandi, dapat membersihkan keringat dan bakteri pada kulit kalian. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya tidak.

Ketika mandi setelah berolahraga, setidaknya kalian harus memberikan jeda waktu antara berolahraga dan mandi. Karena hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini karena ketika berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Jika Anda langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus Anda lakukan persis setelah berolahraga adalah melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum Anda memutuskan untuk mandi.

Air dingin atau Air Hangat ?

Manfaat mandi air hangat dan dingin sama sama mempunyai manfaat yang baik. Mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit.

Mandi setelah berolahraga tidak mengancam kesehatan Anda asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi. Anda bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel dan membuat Anda kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Baca juga : Badan Sakit Setelah Olahraga Apakah Artinya?

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *