20FIT .CO.ID


Lakukan 4 Hal Ini Untuk Tetap Fit Saat Puasa

lakukan 4 hal ini
by

Puasa sangat berguna untuk proses detoksifikasi pada tubuh. Detoksifikasi ini berguna untuk mengeluarkan racun-racun pada tubuh secara alami. Tetapi proses ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan cara puasa yang sehat. Oleh karena itu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita ketika puasa sangatlah penting. Lakukan 4 hal ini untuk tetap fit saat bulan puasa.

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Tetap Fit Ketika Berpuasa :

1. Jangan lewatkan sahur

Cara paling mudah untuk tetap fit ketika bulan puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur. Sahur merupakan hal yang paling penting ketika berpuasa. Karena sumber energi yang kita dapatkan berasal dari makanan yang kita makan ketika sahur. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang dengan memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Konsumsilah makanan yang membuat anda kenyang lebih lama seperti beras merah, ataupun gandum. Selain itu juga konsumsi banyak makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur-sayuran, kurma, pepaya ataupun pisang. Untuk asupan protein kalian bisa mendapatkannya dari telur, daging, dan lainnya

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh kita sebagain besar terdiri dari air. Oleh karena itu kita sangat membutuhkan asupan air untuk masuk ke dalam tubuh sekitar 8-12 gelas sehari. Sebisa mungkin untuk tetap meminum air sebanyak jumlah tersebut untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. Hal ini bisa kalian lakukan ketika sahur dan buka puasa. Selain itu juga ada baiknya anda untuk mengurangi minuman yang mengadung kafein.

3. Hindari makan berminyak

Menu gorengan ketika berbuka puasa memang menggoda sekali. Namun ada baiknya kita untuk menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Anda.

4. Mengurangi makanan dan minum manis

Ketika bulan puasa datang berbagai macam makanan manis akan sangat mudah kita dapatkan. Tetapi kita harus mengetahui batasan dan tidak memakan berlebihan. Biarpun memang penting untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis untuk menormalkan gula darah. Hanya saja, kita harus memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *