20FIT .CO.ID


Kulit Cepat Keriput? Berikut 5 Penyebab Utamanya

Kulit Cepat Keriput? Berikut 5 Penyebab Utamanya
by

Kulit cepat keriput? Hindari 5 hal berikut ini agar kulit Anda tetap sehat.

Kulit keriput adalah proses penuaan yang tidak bisa dihindari. Tapi ada beberapa hal yang dapat mempercepat proses penuaan walaupun sebenarnya belum waktunya. Hal ini harus Anda hindari agar kulit Anda tetap sehat.

Ada 5 penyebab utama kulit cepat keriput, antara lain:

1. Merokok atau sering terpapar asap rokok

Kulit cepat keriput - merokok

Asap rokok dapat membuat Anda terlihat tua, selain penyakit-penyakit yang sudah jelas lainnya seperti resiko penyakit jantung, kanker dan lain-lain. Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine mengatakan, “mengerucutkan bibir Anda saat merokok, memicu munculnya garis-garis halus di sekitar mulut Anda. Di tambah radikal bebas pada rokok dapat menghilangkan kekenyalan kulit, membuatnya terlihat pucat, dan kasar.” Dampaknya memang tidak langsung tapi 10 tahun kedmudian, berapapun usia Anda.

2. Bermain Gadget sampai larut malam

Kebanyakan orang gemar bermain gadget sampai larut malam, mengabaikan jam tidur dan memaksa mata dan tubuh Anda untuk begadang. Menjadi kombinasi buruk yang mengarah ke peningkatan kadar kortisol, hormon stres pro-inflamasi yang memberikan kontribusi munculnya keriput. Ingat, kulit meregenerasi saat Anda beristirahat. Mulailah untuk tidur lebih awal.

3. Polusi udara

Kulit cepat keriput - polusi udara

Penelitian telah menemukan, bahwa orang-orang yang sering terpapar knalpot mobil dan polutan lingkungan lainnya lebih mungkin untuk mengalami keriput di usia 30an. Mulailah membiasakan diri mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti berry segar, sayuran hijau, dan lemak ikan, bisa membantu menetralisir radikal bebas. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan seperti serum vitamin C serum sebagai pelindungan kulit ganda.

4. Kebanyakan mengonsumsi Gula

Kulit cepat keriput - konsumsi gula

Gula adalah musuh besar untuk pinggang Anda, tetapi gula juga dapat mengacaukan keremajaan kulit Anda. “Kulit adalah organ, dan gula tidak baik untuk organ apapun,” kata Gohara. Dia menjelaskan, bahwa gula bersama dengan karbohidrat tinggi lainnya mempromosikan peradangan kulit serta proses yang disebut glikasi. Ini menciptakan molekul yang mengikat kolagen dan elastin dan melemahkan mereka.

5. Tidak menggunakan tabir surya

Sembilan puluh persen dari tanda-tanda penuaan datang akibat paparan sinar ultraviolet,” kata Gohara. Biasakan menggunakan tabir surya kemanapun Anda pergi karena walau paparan kecil sinar matahari tak langsung merusak kulit, bila ini terjadi setiap hari tanpa perlindungan, kerusakan kecil pada kulit bisa terakumulasi dan membuat kulit terlihat kering dan membentuk garis pada usia berapapun. Intinya, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa SPF.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *