20FIT .CO.ID


Kombinasi Makanan Berbahaya Ini Harus Dihindari

3 Kombinasi Makanan Berbahaya yang Harus Dihindari
by

Penyakit pencernaan merupakan salah satu penyakit yang membahayakan. Cara untuk menjaga pencernaan tersebut, kita harus memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Kombinasi makanan  juga menjadi salah satu hal untuk mencegah penyakit ini. Sehingga harus memperhatikan konsep waktu. Hal ini di karenakan beberapa makanan membutuhkan waktu yang lebih lama dicerna dibandingkan dengan makanan lain. Oleh karena itu kita harus memperhatikan kombinasi makanan berbahaya yang harus di hindari.

Berikut adalah 3 kombinasi makanan berbahaya yang harus di hindari :

1.Buah (Sesudah Makan atau Sebelum Makan)

Buah kombinasi makanan berbahaya yang harus dihindari

Buah memang lebih cepat dicerna oleh usus. Tetapi ketika menggabungkan buah dengan makanan seperti daging, biji-bijian, maka buah akan mudah mengalami pembusukan dalam perut. Buah-buahan akan lebih baik bila dimakan terpisah. Terutama buah segar sebaiknya tidak dikonsumsi bersama protein dan karbohidrat karena akan menghilangkan energi murni dari buah-buahan ini. Akan lebih baik jika memakan buah 30 sampai 60 menit sebelum makan. Saat buah dimakan terpisah ketika perut kosong sebelum makan, enzim mengaktifkan proses kimia pencernaan. Jika ingin mengonsumsinya setelah makan, tunggu sekitar tiga jam sebelum makan buah.

2. Makanan Berlemak dan Protein

Hindari untuk memakan mentega, minyak dengan telur, daging dan juga hindari lemak makanan dengan roti putih. Mencerna lemak membutuhkan garam empedu, yang disekresikan dari hati dan kandung empedu. Jika makanan berlemak dengan protein hal ini akan dapat memblokir sekresi jus empedu yang menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

3.Makanan Asam dan Karbohidrat

Makanan asam seperti tomat, lemon akan lebih baik untuk dihindari ketika dikombinasikan dengan makanan bertepung yang sebagian besar mengandung alkali. Ketika makanan asam dikombinasi dengan makanan yang bersifat alkali dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sehingga akan lebih baik jika menghindari makan tomat dengan karbohidrat dan protein dengan pati. Makanan ini akan memfermentasi di perut dan membentuk lumpur yang sulit untuk dicerna.

Oleh karena itu kalian harus lebih jeli dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi karena hal ini akan berpengaruh pada pencernaan pada tubuh.

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *