20FIT .CO.ID


Kesalahan Saat Berolahraga

Kesalahan Saat Berolahraga
by

Olahraga yang awalnya bertujuan untuk membuang kalori dapat menjadi tidak efektif akibat terjadinya kesalahan saat berolahraga. Apa saja kesalahan yang paling umum terjadi saat berolahraga? Berikut ulasannya.

Apakah Anda merasa bahwa olahraga yang Anda lakukan tidak ada hasilnya? Anda sering melakukan olahraga tapi garis timbangan Anda masih menunjuk pada angka yang itu-itu saja? Apa Anda merasa ada yang salah dengan olahraga Anda? Berikut kesalahan yang mungkin tidak Anda sadari sering Anda lakukan saat berolahraga :

1. Semakin berkeringat, semakin baik

Mungkin banyak dari kita yang ketika berolahraga dan sudah mengeluarkan keringat menganggap sudah cukup membuang kalori. Ternyata prinsip ini salah. Ini merupakan salah satu kesalahan saat olahraga yang kerap terjadi. Keringat yang dikeluarkan tidak sama dengan jumlah kalori yang dibakar saat Anda berolahraga. Keringat yang Anda keluarkan berisi cairan yang akan segera tergantikan bila Anda meminum banyak air setelah berolahraga. Jadi, bila keringat yang dihasilkan saat berolahraga berjumlah banyak, belum tentu kalori yang dibakar juga sebanyak itu.

2. Terlalu banyak bersosialisasi

Jika Anda memutuskan untuk berolahraga di pusat kebugaran, berhati- hatilah dengan keteguhan motivasi dalam melakukannya. Banyak orang yang berolahraga di pusat kebugaran, yang awalnya bertujuan untuk berolahraga saja, pada akhirnya malah terlalu banyak mengobrol dan bersosialisasi. Pada akhirnya, karena pengaruh tersebut, porsi olahraga yang seharusnya dapat maksimal menjadi berkurang.

3. Kurangnya intensitas latihan

Olahraga tidak hanya berarti melakukan gerakan. Tujuan dan target Anda berolahraga harus ditentukan di awal untuk menghindari kesalahan saat berolahraga yang dapat terjadi pada Anda. Untuk dapat menurunkan berat badan, diperlukan olahraga dengan intensitas yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Untuk meningkatkan intensitas latihan, Anda dapat menambahkan beban di kaki ataupun tangan. Selain itu, hal ini juga bisa Anda lakukan dengan menambahkan jarak tempuh/waktu Anda berolahraga.

4. Jumlah kalori yang tertera di alat kesehatan, bisa jadi tidak sama dengan kalori yang hilang

Kesalahan saat berolahraga yang juga umum terjadi adalah terlalu mengandalkan perhitungan mesin dalam mengkalkulasi kalori. Bagaimana dengan jeda istirahat yang misalnya Anda lakukan di tengah-tengah olahraga? Walaupun singkat, jeda istirahat tersebut bisa sangat berpengaruh dalam perhitungan jumlah kalori.

5. Pola latihan yang statis, tidak berkembang

Ini juga merupakan salah satu kesalahan saat berolahraga yang umum dilakukan. Bila Anda melalukan latihan yang sama secara terus menerus, mungkin beban latihan yang efektif di awal akan menjadi tidak efektif lagi seiring berjalannya waktu. Atau misalnya Anda hanya berolahraga yang terfokus pada kekuatan otot saja secara terus menerus. Kegiatan tersebut secara efektif akan membuat otot menjadi kencang. Namun, hal tersebut tidak akan efektif jika target utama Anda adalah menurunkan berat badan.

6. Melakukan terlalu banyak olahraga berat di awal

Melakuan terlalu banyak olahraga berat di awal akan membuat tubuh menjadi terlalu lelah, dan akibatnya dapat menggoyahkan konsistensi olahraga yang kita lakukan. Jadi lakukan olahraga secara bertahap dan terencana dengan baik untuk menghindari terjadinya kesalahan saat berolahraga.

dr. Dyan Mega Inderawati – KlikDokter

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *