20FIT .CO.ID


Kenali Penyebab Keringat Berlebih

kenali penyebab keringat
by

Keringat berlebih tanpa adanya pemicu yang jelas dapat membuat kamu menjadi tidak percaya diri dan minder? Sebaiknya kondisi seperti ini tidak di abaikan karena bisa jadi keringat berlebih pada tubuh menjadi tanda kondisi adanya gangguan pada diri. Yuk, kenali penyebab keringat berlebih secara lengkap dan cara untuk mengatasinya.

Kenali Penyebab Keringat Berlebihmu

Berkeringat merupakan salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan tubuh dengan lingkungan sekitar kalian. Normalnya berkeringat akan terjadi ketika tubuh melakukan kegiatan ekstra ataupun kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan makanan pedas, atau ketika anda merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, takut. Tetapi lain halnya dengan keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya pemicu kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

Terdapat dua jenis keringat berlebih atau hyperhidrosis, yaitu hyperhidrosis focal primer atau keringat di bagian tertentu, dan secondary general hyperhidrosis atau keringat berlebih di seluruh tubuh.

Hyperhidrosis focal primer
Seseorang yang terkena hyperhidrosis focal primer akan mengalami keringat berlebih di bagian tertentu. Misalnya pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau hanya kepala dan wajah. Penyebab dari keringat berlebih jenis ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi sistem saraf, tapi bukan suatu penyakit.

Secondary general hyperhidrosis
Keringat berlebih jenis ini terjadi pada seluruh bagian tubuh, dan biasanya terjadi pada malam hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, tuberkulosis, menopause, stroke, kanker (limfoma dan leukimia) dan lainnya. Tidak hanya itu, pengobatan dan suplemen tertentu juga bisa menjadi penyebab dari keringat berlebih. Misalnya saja, obat antibiotik, obat untuk tekanan darah, obat untuk mulut kering.

Jika kalian mengalami keringat berlebihan dan disebabkan oleh penyakit tertentu maka hal yang harus dahulukan adalah untuk mengatasi penyebabnya. Sesegara mungkin untuk melakukan kepada dokter untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Sehingga nantinya hal ini tidak akan menggangu pekerjaan dan kegiatan hari hari kalian. Kenali gejalanya dan segara lakukan penyembuhan.

 

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *