20FIT .CO.ID


Kenali Macam-macam Susu dan Manfaatnya

Kenali Macam-macam Susu dan Manfaatnya
by

Masih ingat dengan slogan 4 sehat 5 sempurna? Di dalam slogan ini, ada susu yang menjadi minuman pelengkap nutrisi bagi tubuh manusia. Susu menawarkan nutrisi seperti kalsium, protein dan berbagai vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuh. Tidak hanya untuk anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, susu juga penting diminum oleh orang dewasa maupun lanjut usia. Ada banyak jenis susu di dunia ini tapi tahukah kamu jika setiap susu memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya :

1. Susu Sapi

Ini adalah susu yang paling umum dan populer untuk dikonsumsi. Susu sapi mengandung lemak, mineral dan vitamin seperti vitamin D, protein, vitamin B, potasium, yodium sebagai pengganti yang baik untuk Omega 3. Selain memperkuat tulang dengan kalsium, susu sapi ternyata dapat digunakan mengontrol tekanan darah karena mengandung kalium, yodium meningkatkan fungsi tiroid dan mencegah asam urat.

2. Susu kambing

Sedangkan susu kambing dipercaya dapat membantu mencegah pelunakan tulang dan anemia. Susu ini juga membantu pencernaan dan metabolisme mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium. Rahasianya terletak pada kehadiran zat besi yang tinggi, kalsium, fosfor dan magnesium yang terdapat pada susu kambing. Kelebihannya dibandingkan susu sapi, ternyata susu kambing memiliki sedikit lemak, namun tetap dapat membangun sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi anti radang usus.

3. Susu Kedelai

Buat yang ingin menurunkan berat badan, susu kedelai menjadi pilihan yang baik. Selain mengandung asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat, susu kedelai ternyata kaya Omega 3 dan 6 yang dapat memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker prostat, osteoporosis dan sindrom menopause.

4. Susu Kelapa atau Santan

Susu yang berasal sari kelapa ini biasanya diminum untuk mencegah penyakit seperti batu kandung empedu dan penyakit hati, peradangan dan penyakit kulit. Sari kelapa juga menyediakan zat besi, selenium, sodium, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium, vitamin C, E, B1, B3, B5 dan B6. Anehnya santan jauh lebih kaya akan kalsium dibandingkan susu biasa. Susu santan juga cukup membantu dalam penurunan berat badan dan sangat bagus untuk pencernaan.

5. Susu Domba

Susu domba sangat bergizi, lebih kaya vitamin A, B, dan E, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium dibandingkan dengan susu sapi. Susu domba mengandung lebih banyak asam lemak rantai pendek dan rantai sedang, yang menguntungkan bagi kesehatan. Misalnya, asam lemak rantai pendek kurang berpengaruh terhadap kadar kolesterol pada manusia. Asam lemak rantai pendek ini membuat susu lebih mudah dicerna. Menurut seorang peneliti Jerman, susu domba mengandung lebih banyak asam linoleat terkonjugasi (CLA) dibandingkan dengan susu dari babi, kuda, kambing, sapi, dan manusia. CLA merupakan lemak pembasmi kanker dan pengurang lemak.

6. Susu Kuda

Susu kuda liar sama dengan susu dari hewan lainnya seperti sapi dan kambing yang mengandung protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk.

7. Susu Unta

Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi. Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi.
Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile.Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.

8. Susu Almond

Tren susu almond merambah Jakarta. Dari sentra jajanan, pusat kebugaran, sampai gerai penjualan online menawarkan minuman hasil ekstraksi buah badam (Prunus dulcis) tersebut. Dalam catatan Kementerian Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram minuman tersebut terkandung 20 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 45 gram lemak. Selebihnya, mineral dan vitamin. Lemak yang mendominasi susu almond itu tergolong lemak baik–tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda–yang bisa menurunkan kolesterol. Di Gandaria City, susu ini dibanderol 50ribu per kemasan 435ml.

Sufrendy – Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *