20FIT .CO.ID


Kebiasaan Sehat Orang Jepang

Kebiasaan Sehat Orang Jepang
by

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk dengan kreatifitas yang tinggi. Bangsa Jepang juga terkenal dengan budaya disiplinnya yang tidak diragukan lagi. Menurut penelitian, masyarakat Jepang memiliki angka harapan hidup yang lebih baik dibandingkan masyarakat di negara-negara lain, terutama di Asia. Jepang juga memiliki banyak tempat-tempat cantik untuk dikunjungi dengan ciri khas bunga sakura yang berwarna yang indah.

Selain budayanya, warga Jepang juga sangat sehat. Banyak bangsa lain yang menginginkan untuk memiliki kulit halus serta awet muda seperti halnya penduduk Jepang. Di negeri Kaisar Hirohito itu juga sangat jarang terjadi kasus seperti penyakit jantung ataupun semacamnya. Ini dikarenakan Jepang miliki kebiasaan hidup yang sehat. Banyak ilmuwan yang mencoba meneliti faktor penyebab kenapa penduduk Jepang terlihat awet muda. Jawabannya tentu saja dari kebiasaan mereka dalam menjalani pola hidup.

Lalu apa saja kebiasaan sehatnya?

Berikut ini adalah 10 kebiasaan sehat orang jepang:

Berjalan kaki. Di Jepang berjalan kaki merupakan hal yang umum. Pergi ke sekolah, kantor, berdagang maupun kegiatan lainnya ditempuh dengan berjalan kaki untuk sampai ke stasiun kereta. Para penduduk Jepang lebih memilih naik kendaraan umum dibanding membawa kendaraan sendiri. Hal ini tentu saja mengurangi resiko polusi udara.

Mengurangi makanan yang manis. Sebagian besar penduduk Jepang lebih menyukai makanan serta minuman yang tidak terlalu manis. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis dapat meningkatkan gula darah. Itulah sebabnya penduduk Jepang memilih teh hijau untuk minuman penutup.

Mengkonsumsi ikan. Orang Jepang biasa mengkonsumsi ikan 100 gram sehari. Seperti yang diketahui, ikan memiliki kandungan omega 3 yang baik bagi otak dan kesehatan jantung.

Konsumsi sayur-sayuran. Jika diperhatikan disetiap makanan Jepang, selalu disisipkan sayuran. Hal ini menunjukan, masyarakat Jepang selalu mementingkan kesehatannya sesibuk apapun mereka.

Makan “bakteri”.  Orang Jepang suka mengkonsumsi “bakteri”. Jangan salah, bakteri yang dimaksud adalah bakteri baik. Bakteri ini didapat dari youghurt, you dan makanan fermentasi lainnya. Ini merupakan salah satu alasan kenapa masyarakat tersebut terlihat langsing.

Makan secara perlahan. Ternyata mengkonsumsi makanan dengan perlahan juga berpengaruh pada kesehatan. Dengan memakan secara perlahan akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat dan perut tidak harus bekerja ekstra untuk mencernanya.

Mengkonsumsi buah apel, strawberry, anggur, dan alpukat. Kebiasaan para wanita Jepang mengkonsumsi buah tersebut membuat kulit menjadi awet muda.

Mengutamakan sarapan. Penduduk Jepang mewajibkan sarapan sebelum memulai hari-harinya. Sarapan dapat membuat tubuh berenergi saat beraktifitas.

Lebih suka masakan sendiri. Masyarakat Jepang lebih menyukai masakan yang dibuat sendiri dirumah dibandingkan masakan restoran.

Olahraga. Olahraga sudah menjadi ritual tersendiri bagi masyarakat Jepang. Sesibuk apapun, mereka pasti menyempatkan untuk Berolahraga.

Itulah kebiasaan sehat yang rutin dilakukan oleh masyarakat Jepang. Tidak ada salahnya untuk mencontoh kebiasaan tersebut. Selamat mencoba.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *