20FIT .CO.ID


Kartini Indonesia – Berjuang Melawan Kanker Payudara

Kartini Indonesia - Berjuang Melawan Kanker Payudara
by

Bulan April adalah saat yang istimewa bagi bangsa Indonesia . Pada bulan ini, atau tepatnya pada 21 April 1879 lahirlah pejuang emansipasi wanita , RA Kartini . Berkat perjuangannya mencerdaskan kaumnya, kini semua wanita di Indonesia dapat mensejajarkan diri dalam berbagai peran memajukan pembangunan Indonesia.

Dengan kesetaraan yang ada tentunya ini menjadi modal awal untuk wanita-wanita Indonesia menjadi lebih baik lagi. Menjadi lebih baik lagi diberbagai bidang tentu diperlukan kesehatan yang baik juga. Berbagai penyakit dapat menghalangi kita untuk berkarya, khususnya untuk para wanita. Saat ini kanker payudara merupakan musuh nomor 1 bagi wanita. Kanker payudara merupakan suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali pada payudara.

Berikut 4 hal yang perlu menjadi fokus Anda para Kartini Indonesia bila ingin terhindar dari Kanker payudara.

1. Obesitas

Kanker payudara - obesitas

Kegemukan atau obesitas meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, ini terjadi karena adanya kelebihan lemak tubuh yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin, yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

2. Konsumsi Alkohol

Kanker payudara - meminum alkohol

Bahaya alkohol salah satunya adalah dapat menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, seperti kanker payudara. Sebuah penelitian kanker mengemukakan bahwa setiap 200 wanita yang secara teratur mengkonsumsi minuman beralkohol setiap sehari, terdapat tiga wanita yang terkena kanker payudara, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali.

3. Berolahraga secara teratur

Kanker payudara olahraga

Berolahraga teratur serta diet yang sehat dapat membantu untuk mengurangi resiko dengan membuang lemak tubuh yang berbahaya.

4. Merokok

Kanker payudara - Merokok

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok sangat berkaitan dengan berbagai jenis kanker, sedangkan beberapa juga menemukan bahwa ASI pada perokok juga dapat terkontaminasi. Rokok adalah penyebab kanker paru paru yang paling umum WAJIB hukumnya di hindari agar tidak terjadi kanker paru – paru. Namun ingat ini juga termasuk untuk kanker payudara.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *