20FIT .CO.ID


Kapan Saatnya Kamu Jangan Minum Air Putih?

Kapan Saatnya Kamu Jangan Minum Air Putih?
by

Kita semua sudah tahu apa manfaat air putih bagi kesehatan: menghidrasi tubuh, mencegah makan berlebihan, dan bahkan dapat membakar kalori berlebih. Tapi, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik dalam hal apapun, termasuk konsumsi air putih. Percaya atau nggak, ada saat di mana sebaiknya kamu jangan minum air putih.

Saat kamu sudah banyak minum air putih

Meskipun jarang terjadi, terlalu banyak minum air putih dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut sebagai hyponatremia, atau kondisi di mana kandungan sodium di dalam tubuh terlalu rendah. Sebagai contoh, atlit lari yang terus minum air putih selama maraton dapat mengalami pembengkakan sel yang menyebabkan mual, muntah, kejang-kejang, dan bahkan kematian.

Saat air seni berwarna jernih

Bagaimana cara untuk mengetahui kalau kamu sudah cukup minum air putih? Perhatikan air senimu saat di toilet. Kalau berwarna kekuningan, berarti kamu sudah cukup terhidrasi secara optimal. Kalau berwarna jernih, kamu bisa kurangi sedikit konsumsi air putihmu hari itu.

Saat kamu makan banyak

Minum terlalu banyak air sebelum atau saat kamu makan besar akan bikin perut terasa kembung.

Ketika kamu berolahraga berat dalam durasi panjang

Tubuh kita kehilangan elektrolit, seperti potasium dan sodium, saat berkeringat. Jadi, kamu harus menggantikan elektrolit tubuh yang nggak akan ada di air putih. Sebagai alternatif, kamu bisa minum air kelapa yang mengandung potasium, magnesium, sodium, dan vitamin C tanpa terlalu banyak kalori.

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *