20FIT .CO.ID


Jangan Lewatkan 7 Langkah ini

Jangan Lewatkan 7 Langkah ini
by

Agar diet Anda saat Ramadhan berhasil.

Bagaimana cara tetap melakukan diet yang benar saat berpuasa? Berikut tipsnya:

1. Tetap melakukan olahraga ringan menjelang buka puasa.

Ingin tetap bugar disaat berpuasa? Bisa! Anda dapat melakukan gerakan olahraga ringan tiap 30 menit menjelang berbuka puasa. Anda bisa jogging ringan di treadmill, yoga, atau bahkan bersepeda. Selain itu, lakukan kegiatan ini di area terbuka supaya sirkulasi udara lancar sehingga Anda tetap merasa segar dan tak terlalu kehausan. Yang perlu dijadikan catatan, hindari waktu berolahraga saat akan tidur malam karena hal ini akan mengganggu waktu istirahat Anda.

2. Hindari minuman es dan minuman bersoda.

Jika Anda ingin berat badan tidak melonjak saat bulan puasa, maka hindari minum es dan juga minuman bersoda. Es bisa menyebabkan kontraksi pada lambung dan menurunkan nafsu makan. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak menyantap menu utama dan menyebabkan kurangnya asupan nutrisi pada tubuh.

Selain itu, minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi. Minuman ini bakal menyebabkan kadar gula darah melonjak naik. Bahkan, minuman bersoda bisa jadi penyebab utama diabetes dan juga obesitas. Makanya, mulai sekarang kurangi deh minuman bersoda saat buka maupun sahur.

3. Jangan konsumsi minuman atau makanan bersantan.

Opor ayam, kolak pisang, hingga es dawet biasanya jadi menu favorit ketika berbuka. Memang makanan dan minuman bersantan ini sangat menggugah selera. Namun, sayangnya makanan dan minuman yang mengandung santan bisa membuat berat badan makin naik. Makanan dan minuman ini menyebabkan kolesterol tinggi dan juga mengundang penyakit lainnya.

4. Perbanyak makan buah-buahan segar.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, vitamin yang berasal dari buah-buahan segar ini bisa menjaga kesehatan tubuh karena mengandung vitamin C tinggi. Buah segar ini bisa menjadi asupan nutrisi penting dan melancarkan pencernaan karena berserat sehat. Anda juga bisa makan buah-buahan berkalori tinggi supaya bisa kenyang tapi badan tidak menggemuk.

5. Konsumsi juga karbohidrat komplek dan air putih.

Anda bisa mengonsumsi karbohidrat komplek dan air putih supaya bisa cepat kenyang. Tak harus melulu nasi kok, Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari kacang merah, kedelai, gandum, brokoli, kangkung, dan sayuran lainnya. Minum juga air putih yang cukup supaya badan tidak lemas setelah berpuasa seharian.

6. Daging juga bisa dijadikan menu saat berbuka tiba.

Daging yang kaya protein bisa dijadikan menu utama saat berbuka. Anda bisa mengambil bagian daging saja dan membuang bagian lemak serta kulit. Jika ingin lebih sehat lagi, Anda bisa mengolah daging dengan cara selain digoreng dalam minyak. Kandungan minyak dalam daging bisa menyebabkan kolesterol.

7. Jangan langsung makan dengan porsi banyak, makanlah dengan porsi secukupnya.

Salah satu penyebab berat badan melonjak naik saat bulan puasa karena kita biasa langsung makan dengan porsi banyak ketika berbuka dan sahur. Jika tak ingin gemuk, Anda bisa makan dengan porsi yang sewajarnya. Ambil nasi dan lauk dengan porsi secukupnya. Kemudian konsumsi secara perlahan dan pastikan makanan yang ada di mulut sudah dikunyah hingga halus.

Bagaimana? Sudah siap menjalani diet saat berpuasa? Selamat mencoba. Stay fit!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *