20FIT .CO.ID


Ingin Langsing ? Banyak Minum Air Putih

Ingin Langsing ? Banyak Minum Air Putih
by

Membatasi makanan yang dikonsumsi dengan mengatur porsi, menghindari makanan berlemak dan rutin berolahraga, merupakan pola berdiet yang sudah lama dipraktikkan oleh banyak orang. Di antara berbagai aktivitas tersebut, terdapat satu hal yang tidak boleh dilepaskan dan penting untuk melangsungkan diet sehat, yaitu rutin dan banyak meminum air.

Air banyak dipercaya menjadi jalan untuk menurunkan berat badan secara lebih cepat. Hal ini bisa dibilang ada benarnya dan ada salahnya. Jika tubuh sudah cukup air, maka meminum lebih banyak air tidak lantas membuat bobot tubuh akan lebih cepat susut. Namun, saat seharian tubuh sudah kurang mengonsumsi air, meminum banyak air akan membantu penyusutan bobot tubuh.

Air merupakan sumber kehidupan yang penting. Konsumsinya bagi tubuh langsung bermanfaat membantu setiap proses kerja sel-sel di dalam tubuh. Saat tubuh mengalami dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh tidak bekerja secara efektif, termasuk proses metabolisme yang terganggu. Metabolisme tubuh merupakan rangkaian reaksi kimia dalam tubuh yang akan semakin lancar kerjanya saat tubuh cukup meminum banyak air.

Selain membantu proses metabolisme, air dapat pula membantu tubuh mengatasi rasa haus yang menyamarkan diri menjadi rasa lapar. Rasa lapar yang sebenarnya adalah reaksi rasa haus, inilah yang banyak menyebabkan konsumsi makanan berlebih saat sebenarnya tubuh tidak membutuhkannya. Karena itu, saat rasa lapar melanda, cobalah untuk meminum segelas air terlebih dahulu sebelum langsung lari ke camilan atau makanan yang tidak menyehatkan.

Sebelum makan makanan berat, sebaiknya Anda juga meminum segelas air untuk membantu Anda cepat merasa kenyang dan makan lebih sedikit. Anda pun dapat lebih mengontrol porsi makan Anda.

Air juga bermanfaat dapat membantu pencernaan makanan secara lebih maksimal. Air membantu ginjal untuk berfungsi lebih baik, sehingga sanggup bekerja menyaring segala sesuatu yang perlu disaring dari dalam tubuh. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih efektif dan teratur mengeluarkan zat-zat sisa. Tidak akan terjadi sembelit atau susah buang air besar pada mereka yang rutin meminum air.

Selain membantu penurunan bobot tubuh, fungsi lain air bagi ginjal adalah untuk mencegah terbentuknya batu ginjal akibat dehidrasi kronis yang dialami tubuh. Saat tubuh tidak mendapatkan cukup air, kalsium dan berbagai jenis mineral lainnya akan menumpuk dalam air seni sehingga semakin sulit bagi tubuh untuk menyaringnya keluar. Ginjal dapat membentuk kristal dan mengakibatkan kencing batu yang sangat menyakitkan pada mereka yang kelebihan berat badan dan kurang asupan air.

Tubuh Anda perlu mendapatkan asupan air yang mencukupi setiap harinya untuk memperlancar kerja metabolisme dalam tubuh serta kerja sistem pencernaan. 8 gelas air dalam sehari merupakan batasan minimum asupan air yang mencukupi setiap harinya. Meski demikian, asupan air tetap bergantung pada ukuran tubuh dan berat badan, begitu pula dengan intensitas aktivitas yang dialami tubuh dan lokasi tempat Anda berdomisili.

Untuk mengetahui jumlah pasti air yang harus diminum setiap harinya, cobalah membagi bobot tubuh ke dalam satuan pon (kg) dan sesuaikan jumlah air yang Anda minum dengan mengalikan satu pon (kg) bobot Anda dengan setengah atau satu ons water untuk mendapatkan berapa banyak air yang harusnya Anda konsumsi. Jika bobot tubuh Anda adalah 150 pon (68 kilogram), maka Anda perlu mengonsumsi air sebanyak 75 hingga 150 ons per harinya. Jumlahnya pun bertambah saat Anda tinggal di daerah beriklim panas.

Cek juga apakah tubuh Anda sudah cukup air dengan melihat warna air seni yang Anda keluarkan. Jika air seni berwarna jernih dan tidak berbau, maka Anda sudah cukup asupan air. Sebaliknya, jika air seni berwarna lebih pekat, kuning dan berbau pesing, maka tubuh Anda dehidrasi.
Untuk memastikan Anda tetap rutin meminum air bahkan saat Anda tidak sedang berdiet pun, cobalah untuk membawa botol minum di dekat Anda setiap saat dan letakkan gelas berisi air dekat jangkauan tangan Anda saat sedang bekerja maupun di samping tempat tidur. Gantikan minuman bersoda maupun kopi dengan segelas air dan minumlah sedikit-sedikit air sepanjang hari, jangan meminum enam gelas air sekaligus karena efeknya yang juga tidak baik bagi tubuh

Sumber : Meet Doctor

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *