20FIT .CO.ID


Hindari Rasa Haus Saat Puasa

hindari rasa haus
by

Saat menjalankan puasa selama kurang lebih 12 jam rasa haus pasti akan datang untuk mengganggu ketenangan puasa kalian. Apalagi di siang hari bolong yang merupakan jam-jam genting bagi kalian untuk merasakan haus dan lapar. Yuk ketahui tips untuk hindari rasa haus selama bulan ramadhan…

Hindari Rasa Haus Saat Puasa

1. Tingkatkan asupan buah dan sayur

hindari rasa haus

Tips pertama untuk mengurangi rasa haus adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran selama bulan puasa. Seperti yang kita ketahui bahwa buah dan sayur mengandung serat dan juga nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh kita.  Didalamnya juga terkandung mineral yang dapat memastikan tubuh kita selalu mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan aktifitas sehari-sehari.

2. Atur pola minum

hindari rasa haus

Kalian yang mudah merasakan haus harus pintar-pintar mengatur pola minum kalian pada saat sahur dan berbuka. Tips nya adalah minumlah minimal 2 gelas air putih saat berbuka, 2 gelas saat kalian akan makan berat, 2 gelas lagi sebelum kalian akan tidur. Lalu disaat sahur pastikan kalian minum minimal 2 gelas air putih yaaa. Tapi kalian harus ingat, saat kalian mengkonsumsi air putih berlebihan perut kalian akan menjadi kembung dan cairan akan lebih cepat keluar dari tubuh.

3. Kurangi makanan pedas dan asin

hindari rasa haus

Saat kalian melaksanakan sahur lebih baik hindari makanan yang terlalu asin dan pedas, sebabnya kalian akan lebih merasa haus dan akan membutuhkan lebih banyak cairan dalam tubuh daripada biasanya. Maka dari itu hal ini dapat membuat kalian merasa dehidrasi pada siang hari.

4. Hindari kafein

hindari rasa haus

Yang terakhir adalah kalian harus menghindari konsumsi kafein pada saat melaksanakan sahur. Hal ini di karenakan, minuman yang mengandung kafein itu memiliki sifat diuretik yang artinya adalah dapat meningkatkan sekresi urine atau tingkat buang air kecil kalian. Saat cairan cepat keluar dari dalam tubuh, kalian akan menjadi rentan merasakan haus dan dehidrasi.

Semoga tips di atas membantu kalian dalam menangani rasa haus selasa menjalankan puasa yaa! Selamat mencoba!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *