20FIT .CO.ID


Hati-hati, Terlalu Sering Begadang Bikin Gampang Gemuk!

Hati-hati, Terlalu Sering Begadang Bikin Gampang Gemuk!
by

Pasti banyak dari kamu yang sering menghabiskan waktu sampai larut malam, entah karena lembur bekerja, marathon menonton serial TV, berpesta, dan lain sebagainya. Entah kenapa, buat sebagian orang melakukan kegiatan di malam hari itu rasanya lebih fokus dan menyenangkan, apalagi buat para pekerja di industri kreatif. Padahal, seperti yang mungkin sudah kita ketahui, banyak penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan begadang bisa meningkatkan berat badan karena seseorang cenderung untuk ngemil dan makan junk food saat begadang.

University of Colorado juga pernah mengadakan sebuah penelitian mengenai korelasi begadang dan kegemukan dengan melakukan pengamatan terhadap 225 orang dewasa. Hasilnya menunjukkan kalau peserta yang terjaga sampai jam empat pagi mengonsumsi 550 kalori lebih banyak. Dari penelitian ini juga terungkap kalau orang yang hanya tidur selama empat jam, dari jam empat pagi sampai delapan pagi, mengalami peningkatkan berat badan dibandingkan peserta yang tidur 10 jam setiap malam. Dalam penelitian ini juga ditemukan kalau ternyata laki-laki lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan perempuan.

Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Meskipun belum diketahui dengan pasti kenapa keinginan kuat untuk ngemil ini bisa muncul, namun kemudahan untuk mendapatkan makanan tinggi kalori lewat layar smartphone menjadi pemicu seseorang untuk makan lebih banyak. Apalagi kalau kita nggak begadang sendirian dan ada teman yang mengusulkan untuk membeli makan. Alhasil, kita jadi sulit menahan godaan saat begadang.

Untuk mengurangi keinginan kita nyemil makanan tinggi lemak dan tinggi kalori saat nggak bisa tidur cepat, pemilik Your New York Dietician Lisa Moskovitz, RD, CDN, menyarankan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Jangan ngemil sambil nonton serial TV karena bisa membuat kita lupa waktu dan tanpa sadar terus makan.
  2. Hilangkan persediaan makanan nggak sehat dari kulkas maupun tempat penyimpanan makanan di rumah. Sebaliknya, penuhi dapur dengan makanan sehat seperti sayur, buah, atau yogurt rendah lemak.
  3. Lakukan olahraga di malam hari, karena aktivitas fisik akan menangkal kecenderungan asupan kalori yang nggak perlu.

Mudah-mudahan mulai sekarang kamu bisa menahan godaan untuk nggak makan di tengah malam ya!

 

Featured image: thebrunettediaries.com

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *