20FIT .CO.ID


Jakartaku Ramai Dibicarakan Orang

Jakartaku Ramai Dibicarakan Orang
by

Jakarta hari ini menjadi buah bibir banyak orang. Hampir semua negara membicarakan dan turut mendoakan kejadian yang terjadi pada hari ini. Bagaimana tidak, berbagai teror, penembakan, bom terjadi di waktu yang berdekatan, tentu ini menjadi topik yang sangat mencemaskan masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia menjadi cemas dengan adanya berita-berita yang menyebar dikalangan masyarakat. Perasaan cemas identik dengan gelisah dan tak mampu mengontrol pikiran-pikiran negatif yg terus-menerus muncul di kepala. Tak hanya pikiran, cemas juga dapat terlihat secara fisik seperti jantung berdebar-debar dan telapak tangan berkeringat. Gejala gangguan kecemasan meliputi rasa khawatir dan ketakutan berlebihan. Sering kali, perasaan itu disertai ketegangan otot, sakit kepala, nyeri dada, dan kelelahan.

pexels-photo-large

Jika kecemasan sudah membuahkan hasil pada badan Anda, berikut beberapa taktik untuk membuat Anda merasa lebih baik:

1. Bicaralah dengan orang yang dapat membuat Anda merasa nyaman ketika Anda berbicara tentang kecemasan, hindari berbicara dengan orang yang cenderung melebih-lebihkan sesuatu. Ini akan membuat Anda lebih khawatir.

2. Olahraga adalah salah satu cara alami terbaik yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Sisipkan waktu Anda untuk berolahraga. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memiliki kegunaan fisik dan psikologis sebab ia melepaskan hormone endorfin dan neurotransmitter sehingga membuat perbedaan besar dalam suasana hati Anda. Salah satu manfaat dari berolahraga adalah dapat mengatasi kecemasan, sebenarnya serupa dengan terapi relaksasi dan meditasi.

3. Berdiam diri. Ini dapat membuat Anda lebih fokus pada pikiran yang lebih baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa berdiam diri meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Berdiam diri sejenak membawa kita lebih tenang.

4. Makan makanan sehat. Makan sehat dengan mengonsumsi gizi sehat dapat membantu mencegah gejala kecemasan. Cobalah hindari makanan olahan dan pastikan untuk menyertakan buah segar dan sayuran, serta biji-bijian, kacang-kacangan, telur, dan ikan. Makanlah makanan seimbang dengan karbohidrat kompleks yg meningkatkan jumlah serotonin di otak. Makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, dan magnesium juga dapat membantu. Kurangi kafein dan alkohol, sebab keduanya cenderung memperburuk kecemasan.

5. Bernapas, mengambil napas dalam-dalam. Setiap kali Anda merasa cemas Anda perlu melakukan ini, teknik sederhana yg direkomendasikan buat mengurangi perasaan cemas. Tutup mata dan tarik napas perlahan melalui hidung, jaga bahu tetap santai. Buang napas melalui mulut tanpa terburu-buru. Lakukan ini selama beberapa menit. Pastikan Anda bernapas dari perut, bukan dari dada.

Dengan pikiran yang lebih tenang pasti aktifitas akan menjadi lebih baik. Dan jangan lupa untuk mendoakan Jakarta agar masalah ini cepat dituntaskan.

 

Sumber : Kompas.com

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *