20FIT .CO.ID


Dapatkan Asupan Karbohidrat Ideal Setiap Hari

roti asupan karbohidrat ideal
by

Kalian pasti sudah tahu bahwa setiap makanan dan minuman yang kalian konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang berguna bagi tubuh kita. Salah satu kandungan yang paling penting untuk keperluan enegri kita adalah karbohidrat. Tapi apakah kalian tahu asupan karbohidrat ideal yang seharusnya kalian dapatkan setiap hari itu seperti apa?

Dapatkan Asupan Karbohidrat Ideal Setiap Hari

Salah satu sumber energi tubuh kita adalah kalori berasal dari karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya. Seperti yang kita ketahui karbohidrat terbagi menjadi 2 macam yaitu karbohidrat komplek (molekul gula dan serat tinggi sehingga sulit  di cerna) dan karbohidrat sederhana (molekul gula sedikit sehingga lebih cepat di cerna).

Buat kalian yang ingin mengetahui berapakah jumlah asupan karbohidrat yang sebaiknya di konsumsi dalam sehari, berikut adalah batasan ideal asupan karbohidrat kalian:

1. Perempuan

  • Anak-anak: 155-254 gram (gr)/ hari
  • Usia 10-12 tahun: 275 gr/ hari
  • Usia 13-18 tahun: 292 gr/ hari
  • Usia 19-29 tahun: 309 gr/ hari
  • Usia 30-49 tahun: 323 gr/ hari
  • Usia 50-64 tahun: 285 gr/ hari
  • Usia 65-80 tahun: 252 gr/ hari
  • Usia di atas 80 tahun: 232 gr/ hari

2. Laki-laki

  • Anak-anak: 155-254 gr/ hari
  • Usia 10-12 tahun: 289 gr/ hari
  • Usia 13-15 tahun: 340 gr/hari
  • Usia 16-18 tahun: 368 gr/ hari
  • Usia 19-29 tahun: 375 gr/ hari
  • Usia 30-49 tahun: 394 gr/ hari
  • Usia 50-64 tahun: 349 gr/ hari
  • Usia 65-80 tahun: 309 gr/ hari
  • Usia di atas 80 tahun: 248 gr/ hari

Melalui batas ini kalian dapat memperkirakan asupan ideal karbohidrat kalian agar tetap memiliki energi yang dibutuhkan untuk tubuh kita. Tapi kalian harus tetap menyesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, dan aktivitas kalian yaa! Agar asupan yang didapatkan tidak lebih dan tidak kurang.

Nah buat kalian yang masih bingung, dari mana saja kalian bisa mendapatkan karbohidrat, berikut adalah makanan dan minuman yang dapat kalian konsumsi.

1. Pati

gandum asupan karbohidrat ideal

Kalian dapat mendapatkan karbohidrat dari pati. Yang termasuk kedalam pati adalah nasi, gandum, roti, pasta, kacang-kacangan, kentang, dan jagung. Pati ini masuk kedalam karbohidrat yang kompleks, yang artinya memiliki kandungan molekul gula dan serat yang tinggi sehingga proses pencernaannya akan lebih lama.

2. Buah dan sayur

buah dan sayur asupan karbohidrat ideal

Berbeda dengan pati yang memiliki molekul gula yang tinggi, buah dan sayur memiliki molekul gula yang lebih sedikit sehingga membuat makanan ini lebih mudah di cerna oleh tubuh kita bahkan dapat mempercepat proses pencernaan. Contoh buah dan sayur yang memiliki karbohidrat adalah pisang, anggur, apel, dll.

3. Susu

susu asupan karbohidrat ideal

Susu dan yogurt memiliki karbohidrat yang sama dengan buah dan sayut, yaitu karbohidrat sederhana yang mudah di cerna oleh tubuh kita.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *