20FIT .CO.ID


Maag Kambuh? Berikut Cara Untuk Mencegahnya

maag kambuh
by

Maag merupakan penyakit yang sangat menganggu kegiatan sehari-hari. Maag merupakan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas yang timbul-tenggelam dan bisa dirasakan oleh siapa saja. Maag dialami oleh hampir 40% orang dewasa setiap tahunnya. Untuk menghindari hal ini yuk ketahui cara mudah untuk mencegah maag kambuh. 

Berikut tanda dan gejala maag yang harus kamu ketahui :

  • Tidak nyaman perut bagian atas
  • Kembung
  • Mual
  • Muntah

4 Cara mudah mencegah maag kambuh :

1. Ubah Pola Makan

Cara mudah untuk mencegah maag kambuh adalah dengan mengubah pola makan. Karena ketika pola makan sudah baik maka kemungkinan kecil untuk maag kambuh akan semakin kecil. Berikut adalah cara untuk mengatur pola makan menjadi lebih baik :

  • Biasakan makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dan pedas. Makanan atau minuman bersifat asam memicu rasa nyeri pada ulu hati.
  • Hindari makan sebelum tidur karena akan meningkatkan resiko naiknya isi lambung

2. Hindari konsumsi obat perada nyeri tanpa pengawasan dokter

Obat anti nyeri yang sering digunakan salah satunya adalah obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini memiliki efek meningkatkan asam lambung sehingga kalian menjadi rentan mengalami nyeri ulu hati sehingga penggunaan sebaiknya atas nasihat dokter.

3. Apakah anda merokok? Yuk Berhenti

Nikotin yang berada di dalam rokok memiliki efek relaksasi otot. Hal ini membuat otot saluran pencernaan yang seharusnya mempertahankan agar isi lambung tidak naik ke atas menjadi lemah. Hal ini menyebabkan asam lambung. Asam lambung membuat serangkaian gejala gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa terbakar pada dada akibat asam lambung yang naik.  Perokok juga cenderung mudah batuk, di mana setiap kali batuk perut akan tertekan sehingga semakin memperbesar resiko asam lambung naik. Selain rokok, alkohol dan coklat juga memiliki efek yang mirip dengan nikotin.

4. Stop Makanan dengan Minyak dan Lemak

Ketika Anda memasak makanan, jangan menggunakan minyak atau lemak. Itu berarti sebaiknya untuk tidak menggoreng makanan Anda. Lemak lebih sulit untuk dicerna sepenuhnya, sehingga akan tinggal lebih lama di perut Anda. Sebaliknya, cobalah resep makanan yang dikukus, direbus, dibakar, atau di panggang. Selain mencegah lemak dapat mengurangi berat badan anda dan membuat anda menjadi lebih sehat.

Baca juga : Cegah Berat Badan Naik Ketika Liburan

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *