20FIT .CO.ID


Cara Menjaga Bibir Kamu Agar Tetap Sehat

cara menjaga bibir
by

Memiliki bibir yang sehat dan hitam tentu menjadi dambaan setiap wanita. Tidak dapat dihindari bahwa bibir dapat menjadi salah satu pusat perhatian karena letaknya. Namun terkadang kita semua tidak mengetahui bagaimana cara merawat bibir agar tetap indah, sehat, tidak hitam, tidak kering dan tidak pecah-pecah. Berikut beberapa ulasan tentang bagaimana cara menjaga bibir kamu agar tetap sehat.

Berikut beberapa masalah bibir yang sering dialami :

1. Bibir Hitam

Bibir hitam  ini menjadi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan para wanita. Mereka cenderung akan merasa kurang percaya diri dengan penampilan mereka dikarenakan bibir yang hitam akan terlihat kusam dan tidak segar walaupun sudah menggunakan lipstik.

2. Bibir Kering

Bibir kering ini sering terjadi karena beberapa penyebab. Beberapanya adalah karena kurang minum dan kebiasaan menjilati bibir Anda sendiri sehingga bibir basah oleh air liur. Kebiasaan ini akan membuat bibir kering semakin parah.

3. Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah akan  membuat Anda kesakitan dan perih. Bibir yang pecah-pecah akan cenderung terdapat membuat bibir Anda luka dan berdarah apabila sudah sangat parah.

Berikut beberapa cara menjaga bibir agar sehat :

  • Cukupi kebutuhan air minum Anda minimal 8 gelas per harinya.
  • Hindari penggunaan lipstik yang mengandung pewarna sintetis atau bahan yang berbahaya dan tidak cocok dengan bibir Anda.
  • Makanan yang mengandung vitamin B dan C dapat membantu merawat bibir Anda dengan maksimal, jadi perbanyak makanan yang mengandung vitamin B dan C untuk merawat bibir agar tetap sehat.
  • Gunakan pelembab bibir atau lip balm saat Anda berada di luar ruangan agar bibir selalu lembab dan terhindar dari kekeringan. Dengan menggunakan lip balm ini pun Anda bisa menjaga bibir Anda agar terhindar dari panas dan teriknya sinar matahari.
  • Gunakan sikat gigi berbulu halus ataupun handuk lembut untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang membuat bibir Anda kering lalu gunakan lip glass. Hal ini juga bisa Anda lakukan apabila Anda menjumpai bibir kering. Ingat jangan sesekali Anda mengelupasnya sendiri tetapi gunakan cara diatas.
  • Bagi beberapa orang yang memiliki bibir sensitif sebisa mungkin hindari makan makanan yang asin seperti kuaci karena akan membuat bibir Anda kering dan jika terlus berlanjut akan menjadi bibir pecah-pecah.
  • Saat udara sedang dingin Anda bisa mengompres bibir Anda selama 2-3 jam dengan air hangat agar selalu lembab. Anda juga bisa menggunakan lip balm agar bibir tidak menjadi kering.
  • Untuk menghindari masalah bibir hitam sebaiknya Anda menghindari kebiasaan merokok, hhindari terlalu banyak minum kopi yang mengandung banyak kafein, hindari juga kebiasaan menggigit bibir, dan membasahi bibir Anda dengan lidah.
  • Untuk bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya Anda menjaga kebersihan mulut dengan obat kumur yang cocok dengan kulit bibir Anda, Anda juga harus memperbanyak makan buah dan sayur, kemudian mencukupi kebutuhan air minum, dan jangan lupa memberikan pelembab untuk bibir.
  • Jangan terlalu sering dan jangan terlalu banyak makan makanan pedas dan panas karena akan merangsang kulit bibir menjadi kering dan hitam.

Hal-hal tersebut adalah berbagai macam cara menjaga bibir anda.

Baca juga : Ketahui Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Kuku

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *