20FIT .CO.ID


Butuh Mood Booster? Yogurt ini jawabannya!

Butuh Mood Booster? Yogurt ini jawabannya!
by

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa meningkatkan perasaan bahagia. Cokelat dan telur contohnya, sudah lama menjadi primadona bagi mereka yang membutuhkan mood booster.

Kabar baiknya, bagi Anda yang menginginkan kudapan lebih sehat ketimbang cokelat atau lebih ringan ketimbang telur, para peneliti baru saja menemukan jenis kudapan sehat yang memiliki efek sama.

Tim peneliti dari Wageningen UR Food & Biobased Research di Belanda, University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU) di Austria, dan VTT Technical Research Centre Finlandia Ltd, mencoba menggunakan berbagai metode untuk mengukur respon emosional seseorang terhadap makanan yang mereka konsumsi.

Peneliti mencoba mencari jenis kudapan ringan yang digemari banyak orang namun terbilang sehat.

Setelah mencoba menganalisa efek dari beberapa kudapan terhadap perubahan emosional, para peneliti menemukan bahwa makan yogurt rasa vanila dapat membuat Anda bahagia.

Terlebih bila yogurt rasa vanila yang dipilih memiliki kandungan lemak rendah, ternyata mampu menimbulkan respons emosional positif yang lebih kuat.

“Kami cukup terkejut, bahwa dengan mengukur emosi, kita bisa mendapatkan informasi tentang produk seperti apa yang sekiranya akan disukai oleh banyak orang,” kata pemimpin studi Dr Jozina Mojet, dari Food & Biobased Research di Belanda dalam siaran pers.

“Informasi seperti ini bisa sangat berguna bagi produsen dalam menagani produk-produk mereka.”

Untuk menguji lebih lanjut hasil studi tersebut, para peneliti menggunakan metode baru yang disebut “tes proyeksi emotif” untuk mencari tahu sejauh mana yogurt bisa mempengaruhi emosi seseorang.

Para peserta dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing terdiri dari 24 orang, dan setiap kelompok mendapatkan seporsi yogurt dengan rasa berbeda. Yoghurt yang dibagikan berasal dari merek yang sama, namun masing-masing memiliki rasa dan kandungan lemak yang berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan, mendapati yogurt dengan merek yang sudah dikenal tidak berdampak pada emosi peserta. Tapi setelah mencicipinya, ada pengaruh pada suasana hati mereka.

Yogurt rasa strawberry dan nanas memiliki efek emosional, tetapi ketika para peserta diberi yogurt rendah lemak dengan rasa yang sama, mereka memiliki respon emosional yang jauh lebih positif.

Sementara itu, yogurt rasa vanila lah yang berhasil menimbulkan respon emosional positif paling kuat ketimbang rasa-rasa lainnya. Terlebih bila yogurt vanila yang dimakan memiliki kandungan lemak yang rendah, perasaan bahagia dinilai akan lebih mudah muncul.

Penulis : Ayunda Pininta – kompas.com

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *