20FIT .CO.ID


Bahaya Lemak Visceral pada Perut Buncit Anda

Bahaya Lemak Visceral pada Perut Buncit Anda
by

Lemak visceral bukan merupakan teman baik Anda, oleh sebab itu perlu untuk Anda memutuskan hubungan dengannya mulai dari sekarang.

Kondisi perut buncit dapat mengganggu penampilan seseorang dan menyebabkan rasa kurang percaya diri. Sayangnya bukan hanya hal itu yang harus menjadi fokus utama Anda, melainkan kesehatan Anda. Karena memiliki perut buncit sama halnya dengan menimbun berbagai penyakit.

Lemak visceral

Lemak visceral pada perut buncit

Lemak dalam tubuh ada 2 jenis (seperti pada gambar sebelumnya), lemak subkutan yaitu lemak yang berada dibawah kulit dan lemak visceral disebut juga lemak intra abdomen, lemak yang tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital, termasuk di dalam perut buncit Anda. Lemak ini akan dimetabolisme di hati yang kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Lemak visceral

Apa penyebab timbunan lemak perut ini?

Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas yang salah akan sangat berpengaruh pada kadar lemak Anda. Contohnya adalah makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan, olahan cepat saji dan juga kurangnya berolahraga. Mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah yang banyak serta minimnya aktifitas fisik sudah pasti akan membuat tibunan lemak pada perut Anda.

Faktor timbunan lemak lainnya adalah :

  • Jarang bahkan tidak pernah berolahraga
  • Diet yang buruk
  • Stress
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan

Cara Mengukur level visceral fat

Jangan berharap Anda bisa melihat lemak visceral dengan mata telanjang. Namun demikian, sebagai patokan, jika wanita (ras Asia) memiliki lingkar pinggang > 80 cm atau pria memiliki > 90 cm, maka sudah dikatakan mengalami obesitas sentral, di mana artinya timbunan lemak visceral tubuhnya dalam jumlah tinggi.

Anda juga bisa mengukur menggunakan InBody, suatu alat pengukur yang dapat mengecek komposisi tubuh, persentase lemak termasuk level lemak visceral dalam tubuh Anda. Alat ini dapat Anda temukan di seluruh studio 20FIT. Sebelum Anda melakukan olahraga, personal trainer akan mengukur terlebih dahulu komposisi dalam tubuh Anda.

Lemak visceral

Contoh di atas adalah contoh hasil penggukuran InBody. Level pengukuran lemak visceral pada InBody adalah dari level 1 hingga level 1o, dimana 1 – 10 merupakan batas aman, sedangkan 10 keatas bisa dikatakan memiliki jumlah lemak visceral yang tinggi. Dalam gambar di atas, jumlah keseluruhan lemaknya sangat tinggi tapi bila berfokus pada lemak di perutnya masih terbilang normal. Ini berarti lemak yang mendominasi tubuh orang diatas adalah lemak subkutan.

Bagaimana mengatasinya?

Ganti gaya hidup Anda. Caranya, dengan mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda seperti ikan, minyak bunga matahari, minyak kedelai dan lain-lain yang jelas memiliki kadar lemak lebih rendah. Selain itu aktiflah melakukan kegiatan fisik, banyaklah bergerak. Melakukan olahraga sudah pasti membantu Anda untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh Anda. Pastikan apa yang Anda konsumsi lebih sedikit dibanding dengan aktifitas fisik Anda.

Jangan biarkan perut buncit terus menjadi teman sejati Anda. Mulailah hidup sehat dari sekarang.

Endly Christie – Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *