20FIT .CO.ID


Badan Makin Gemuk, Makin Sulit Turunkan Berat Badan

Badan Makin Gemuk, Makin Sulit Turunkan Berat Badan
by

overweightSetiap orang yang memiliki bobot berlebih tentu akan melakukan segala cara untuk bisa menurunkan berat badannya. Sayangnya, menurut penelitian semakin gemuk tubuh, makin sulit kita menurunkan beratnya. Telah ditemukan bahwa orang gemuk memiliki kecenderungan untuk tidak membakar lemak dengan mudah. Lemak dalam tubuh mereka merilis protein khusus yang menghambat kehilangan lemak. Protein ini adalah protein sLR11.

Pada dasarnya tubuh kita memiliki dua jenis sel-sel lemak yaitu sel lemak buruk dan sel lemak baik. Sel lemak buruk adalah sel lemak yang terbentuk ketika kita makan berlebihan,  kalori tersebut disimpan dalam sel lemak putih (sel lemak buruk) yang menyebabkan perut menjadi besar. Sedangkan sel lemak baik yaitu lemak coklat yang berada di leher dan di punggung orang dewasa. Lemak ini bertugas untuk membakar kalori agar tubuh menjadi hangat yang disebut proses thermogenesis. Tim ahli telah menemukan fakta bahwa protein sLR11 bertindak untuk menekan proses thermogenesis tersebut. Semakin banyak sel lemak yang dimiliki, semakin banyak pula sLR11 yang di produksi sehingga metabolisme tak optimal. Ini tentu saja menjadi penghalang proses thermogenesis yang membakar kalori.

sLR11 bertindak dengan cara yang aneh dengan menghambat kehilangan lemak dan tidak memungkinkan thermogenenisis berlangsung. Tingkat sLR11 dalam darah terkait dengan penyimpanan lemak secara keseluruhan. Bahkan ketika pasien obesitas menjalani operasi bariatric (operasi untuk menurunkan berat badan), tingkat sLR11 dalam darah secara pasca operasi adalah faktor yang menentukan mengenai apakah mereka akan kehilangan berat badan atau akan menumpuk. Dengan demikian jelasnya dari sini bahwa sLR11 memainkan peran penting dalam perlawanan terhadap penurunan berat badan. Jaringan lemak tetap menyimpan lemak dari waktu ke waktu. sLR11 ini merupakan sarana utama dimana tubuh melestarikan lemak.

Jika sarana dapat ditemukan untuk mematikan protein ini, kehilangan lemak bisa terjadi secara otomatis dan orang akan kehilangan berat badan berlebihan. Namun, obat anti obesitas yang efektif masih jauh di masa depan. Oleh sebab itu ada baiknya menjaga pola makan yang sehat diterapkan sejak kecil sehingga dapat memperkecil protein ini menumpuk di dalam tubuh.

love yourself enough to live a healthy lifestyle

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *