20FIT .CO.ID


Awas Hipogonadisme!

Awas Hipogonadisme!
by

Apakah Anda akhir-akhir ini sering mengalami kondisi mudah lelah, mudah berkeringat, lingkar pinggang yang bertambah, libido menurun, disfungsi ereksi? Bila jawabannya iya, mungkin Anda terkena Hipogonadisme? Hipogonadisme merupakan kondisi terkait suatu gejala klinis saat seorang pria mengalami kekurangan testosteron akibat kelenjar gonad dalam testis gagal memproduksi hormon testosteron.

Dari jenisnya Hipogonadisme dibagi dua, yakni sekunder dan primer. Hipogonadisme primer terjadi akibat cedera atau masalah pada testis, bisa karena trauma saat olahraga atau karena penyakit seksual menular. Sementara Hipogonadisme sekunder diakibatkan karena masalah pada kelenjar hipofisis di otak. Kelenjar hipofisis bertugas memberikan sinyal pada testis untuk memproduksi testosteron.

Menurut keterangan dr. Nugroho Setiawan, MS, Sp. And, spesialis andrologi dari RS Fatmawati, kondisi ini bisa di alami pria sejak dari lahir ataupun pada pria usia yang semakin lanjut. Saat ini mayoritas penderita Hipogonadisme diakibatkan karena pertambahan usia. Tapi, jangkauan usia penyakit ini semakin meluas dengan ditemukannya banyak kasus yang terjadi pada pria usia produktif. Parahnya, kondisi ini tidak disadari sedari awal sehingga banyak pasien yang baru memeriksakan ke dokter setelah kondisinya terlanjur parah.

Kekurangsadaran itu bisa dimaklumi, memang. Saat ini, pria cenderung menganggap keluhan seperti mudah lelah, obesitas, penurunan libido, ataupun disfungsi ereksi ialah hal lumrah dari karena pertambahan umur. Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa saat ini, sekitar 414.000 mengalami disfungsi ereksi. Sementara itu, 462.000 laki-laki yang menderita diabetes tipe 2, dapat menderita defisiensi testosteron dan hanya kurang dari 5% pria yang terdiagnosis defisiensi testosteron.

Memang, Efek yang sangat mengganggu kualitas hidup si penderita ialah penurunan libido dan disfungsi ereksi. Tapi, lebih dari itu, Hipogonadisme dapat merembet langsung, memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

 

Penulis : Qalbinur Nawawi – Fitness for Men Magazine

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *