20FIT .CO.ID


Atasi Bau Mulut Ketika Puasa

Atasi Bau Mulut Dengan Hal ini
by

Puasa sebentar lagi dimulai, dan banyak yang mengalami permasalahan mulut akibat puasa. Dari bibir kering, bibir pecah-pecah, hingga bau mulut. Ketika kita tidak makan dan minum selama berjam-jam dapat menimbulkan kondisi yang disebut halitosis. Oleh karena itu ketahui tips ampuh atasi bau mulut ketika puasa datang.

3 Cara Untuk Atasi Bau Mulut Selama Puasa :

1. Berkumur dengan Mouthwash

Bakteri dalam mulut dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Salah satu cara untuk menghilangkan hal tersebut adalah dengan cara berkumur menggunakan mouthwash. Sebaiknya gunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol di dalamnya dan pilihlah mouthwash yang memang terbukti baik dapat membasmi bakteri yang ada di dalam mulut.

2. Sikat Gigi

Setelah makan sahur, jangan lupa untuk sikat gigi secara menyeluruh dan bersih. Pastikan sela-sela gigi dan seluruh bagian dalam mulut tersikat. Hal ini berguna untuk mencegah adanya sisa-sisa makanan tersisa dan tersangkut di bagian mulut dimana bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Usahakan untuk membawa sikat gigi praktis dalam tas. Sehingga ketika siang atau sore hari dikala kita sudah merasa mulut mengeluarkan bau tidak sedap kalian bisa menggosok gigi dimanapun. Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

3. Bersihkan Lidah

Lidah dapat menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut. Bila kalian merasa napas jadi tak sedap, kalian bisa membersihkan lidah dengan menggunakan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko. Kalian tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan bersih.

Beberapa Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Puasa :

  • Hindari makanan yang memiliki bau menyengat ketika sahur, misalnya petai atau bawang bombai.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut Anda banyak sisa gula.
  • Cegah mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan buka puasa. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *