20FIT .CO.ID


7 Olahraga Penurun Berat Badan

7 Olahraga Penurun Berat Badan
by

Olahraga dapat membakar kalori dan membangun otot yang keduanya sangat esensial dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga upaya menurunkan berat badan menjadi efektif. Ada banyak sekali jenis latihan atau olahraga, dan berikut adalah beberapa diantaranya yang terbukti efektif membantu upaya penurunan berat badan secara signifikan,  tentu jika dilakukan dengan benar. Apa saja?

 
Jalan Kaki 

Berjalan kaki adalah latihan yang ideal untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki tidak membutuhkan perlengkapan khusus, hanya sepatu untuk membuat Anda nyaman dalam berjalan dan menghindari benda-benda berbahaya. Jalan kaki adalah aktivitas olahraga penurunan berat badan yang memiliki intensitas rendah namun bisa meningkatkan kesehatan fisik sekaligus mental.
 

Bersepeda

Bersepeda masih tergolong olahraga beresiko rendah, tentu jika dilakukan dengan benar. Olahraga ini mampu membakar antara 372 hingga 1.1oo kalori per jam tergantung berat badan, kecepatan, dan medan yang ditempuh.
 

Berlari atau jogging 

Satu-satunya peralatan yang dibutuhkan adalah sepatu olahraga yang bagus untuk melindungi sendi. Olahraga jogging merupakan obat paling mujarab nomor satu di dunia. Hanya dengan melakukan aktifitas olahraga ini mampu menormalkan fungsi tubuh dan otak. Melakukan olahraga lari pagi secara rutin akan membantu menurunkan berat badan secara cepat. Selain dapat menurunkan berat badan, melakukan olahraga lari juga dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal. Bagi wanita, melakukan olahraga lari juga memiliki fungsi tersendiri, yaitu dapat membantu sirkulasi menstruasi menjadi lancar. Lari pagi juga bermanfaat bagi penunjang seseorang melakukan diet.
 

 Aerobik

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan ini dilakukan secara berkelompok dan dilakukan selama minimal 45 menit dalam sehari. Gerakan aerobik yang melibatkan anggota tubuh seperti tangan, kaki, leher, pinggul dan juga perut membuat seluruh anggota gerak bekerja. Khasiat dari melakukan olahraga aerobik dapat dirasakan bila olahraga ini dilakukan selama sebulan secara tergantung dengan daya tahan tubuh seseorang.
 

 Lompat tali

walau olahraga ini terlihat ringan, olahraga lompat tali atau skipping dapat membakar kalori paling banyak, yaitu kurang lebih 850 kalori dalam satu jam. Seluruh otot di dalam tubuh yang digerakkan, akan membakar banyak kalori dan juga membantu pembakaran lemak secara cepat. Melakukan olahraga lompat tali selama 10 menit hampir sama dengan melakukan olahraga jogging 8 menit per mil.

 
Sit up

Sit up merupakan latihan fisik yang efektif membakar kalori tubuh. Sambil tiduran telentang, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala Anda dengan posisi lutut di tekuk, lalu perlahan angkat kepala dan kembali lagi ke posisi semula, begitu seterusnya. Anda bisa melakukannya beberapa kali sesuai kemampuan dan keinginan Anda. Sit up juga mampu melatih otot-otot perut dan juga membakar kalori dalam tubuh dengan efektif.

 
Berenang 

Segala jenis dan gaya renang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, berenang merupakan olahraga yang bagus untuk pengencangan otot. Olahraga renang juga bisa menjadi pelengkap bagi olahraga lain, seperti berlari dan berjalan kaki.
Dari tujuh olahraga di atas, mana yang paling sering Anda lakukan?

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *