20FIT .CO.ID


6 Tips Sehat dan Bugar Selama Puasa

7 Tips Sehat dan Bugar Selama Puasa
tasya@ydigital.asia'
by

Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar untuk menjalani ibadah puasa, tentu memerlukan usaha ekstra. Terutama bagi Anda yang bekerja dan memiliki segudang aktivitas menguras tenaga. Perubahan pola makan karena berpuasa, menahan lapar dan dahaga sepanjang hari, tentu akan mengubah kondisi fisik Anda. Yuk, ikuti tips sehat dan bugar selama puasa berikut ini:

    1. Jangan Pernah Lewatkan Sahur
      Tips sehat dan bugar selama puasa yang pertama adalah: sahur. Anggap saja sahur sebagai sarapan, yang berarti merupakan waktu makan terpenting dalam sehari. Jika Anda melewatkan sahur, tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak sehingga lebih cepat terasa lelah dan haus. Anda juga akan memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan saat berbuka puasa. Utamakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan vitamin yang akan menjaga tubuh Anda seharian penuh.Tips sehat dan bugar selama puasa - 1
    2. Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka
      Saat berbuka puasa memang paling dinanti. Ketika Anda merasa lapar, rasanya pasti ingin melahap berbagai jenis makanan yang tersedia di depan Anda. Namun sebaiknya abaikan keinginan itu dan batasi konsumsi makanan saat berbuka puasa. Mengapa? Mengonsumsi makanan berlebihan dapat membuat perut Anda menjadi  begah dan tubuh akan terasa lemas. Setelah seharian tidak makan, tubuh Anda pasti akan kaget ketika Anda langsung makan dalam porsi banyak. Sebaiknya, ambil makanan kecil secukupnya terlebih dahulu sebelum masuk ke menu utama.Tips sehat dan bugar selama puasa - 2
    3. Kurangi Makanan Pedas dan Gorengan
      Jika Anda menyukai makanan pedas dan gorengan, kurangi porsinya selama berpuasa. Makanan pedas dan gorengan dapat menyebabkan perut mulas atau membuat Anda mengalami gangguan pencernaan. Jika Anda tetap ingin memakan lauk yang digoreng, batasi jumlahnya dan pilih minyak yang lebih sehat seperti minyak kanola dan zaitun. Jangan menggoreng lauk terlalu lama, ya.Tips sehat dan bugar selama puasa - 3
    4. Minum Air Putih Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
      Tips sehat dan bugar selama puasa yang keempat adalah minum air putih yang cukup. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan tubuh terasa lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Apalagi kita tinggal di daerah beriklim tropis. Minumlah 2 liter atau 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuha cairan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari kemungkinan dehidrasi. Selain itu, air putih juga dapat mencegah bau mulut pada saat berpuasa karena air putih mampu membuat produksi saliva (air liur) tetap stabil. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda yang bersifat diuretik. Perbanyak juga asupan buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti semangka dan jeruk.Tips sehat dan bugar selama puasa - 4
    5. Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa
      Berolahraga setelah berbuka puasa adalah hal yang sangat dianjurkan. Namun, batasi porsi dan durasinya. Olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga ringan seperti peregangan otot ataupun jalan kaki saat Anda akan tarawih di masjid. Tetap berolahraga selama puasa akan akan menjaga berat badan sekaligus melancarkan aliran darah.Tips sehat dan bugar selama puasa - 5
    6. Cukup Tidur di Malam Hari
      Hindari begadang untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa, hindari begadang. Selain tidak sehat, begadang akan merusak pola hidup Anda. Biasakan untuk tidur di jam yang sama setiap hari agar tubuh Anda bisa memasang ‘alarm’ alami yang akan memberi tahu Anda bahwa sudah waktunya beristirahat untuk mengembaikan tenaga yang terpakai seharian.Tips sehat dan bugar selama puasa - 7

 

Itulah 6 tips sehat dan bugar selama puasa yang perlu Anda ketahui dan jalankan selama berpuasa. Dengan melakukan 6 hal tersebut, semoga Anda akan bisa mendapatkan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Selamat berpuasa!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *