20FIT .CO.ID


#SEHATBERDUA Olahraga Bersama Pasangan? Kenapa Tidak!

#SEHATBERDUA Olahraga Bersama Pasangan? Kenapa Tidak!
by

#Sehatberdua : Berolahraga tak hanya baik untuk kesehatan fisik diri sendiri, namun juga bisa menyehatkan hubungan pasangan kekasih.
Berikut beberapa penelitian yang dikumpulkan terkait hal tersebut seperti dikutip dari Psychology Today :

1. #Sehatberdua, Meningkatkan kebahagiaan dalam menjalin hubungan

Menurut studi, pasangan yang sering berpartisipasi dalam tantangan fisik atau aktivitas yang menantang, merasa lebih puas dengan hubungannya. Bahkan, hal ini bisa menumbuhkan besarnya cinta di antara pasangan. Demikian dilaporkan dalam penelitian di tahun 2000. Olah raga adalah salah satu jenis tantangan fisik yang dimaksud.

Dijelaskan penelitian ini, kedekatan romantis ini terpicu dari rangsangan fisik, bukan karena kebaruan tantangan yang dihadapi bersama. Artinya, berhasil menaklukkan tujuan kebugaran bersama, seperti lari bareng, mencoba les tari ballroom, atau renang bersama bisa meningkatkan romantisme dalam hubungan. Namun, tidak dijelaskan mengenai jenis latihan fisik yang sifatnya kompetitif.

2. #Sehatberdua, Meningkatkan efisiensi dari latihan fisik

Menurut teori sosial Zajonc di tahun 1965, kehadiran orang lain akan memengaruhi kemampuan seseorang dalam melakukan sebuah aktivitas. Bagi orang yang tingkat kebugaran atau latihan fisiknya sudah di tingkat menengah atau lebih, mengajak pasangan untuk berolahraga bisa membantu mendorong output energi, seperti kecepatan. Hal ini umumnya tidak langsung disadari. Namun, hal ini tidak disarankan bagi orang yang baru mulai mencoba merutinkan latihan fisik. Sebab, kehadiran pasangan saat melatih fisik bagi orang yang baru memulai bisa menghambat penyelesaian latihan yang sifatnya menantang. Sebelum ajak pasangan, disarankan untuk membiasakan diri dengan tipe latihannya.

3. #Sehatberdua, Membuat si dia jatuh cinta lagi

Kondisi usai latihan fisik mirip ketika sedang terangsang: berkeringat, jantung berdegup kencang, dan napas pendek. Hal ini mirip kondisi ketertarikan romantis. Banyak orang yang kerap salah mengartikan kedua kondisi fisik ini. Nah, gunakan keadaan ini untuk membuat si dia “jatuh cinta” lagi. Lebih lagi, usai latihan fisik umumnya darah mengalir lebih lancar, ini membuat penampilan kulit lebih menarik dan optimal.

4. #Sehatberdua, Membantu mencapai gol latihan kebugaran

Riset terkini terhadap pasangan heteroseksual menunjukkan, lelaki yang memiliki berat badan ideal akan lebih terdorong melakukan latihan fisik ketika istrinya memberikan komentar terkait kesehatan. Berbagi kegiatan terkait fisik, seperti jalan pagi bareng, bersepeda, atau mengikuti kelas Zumba bareng pasangan akan memicu lebih banyak obrolan terkait kesehatan.

Namun, satu yang patut diingat, jangan menggantungkan kesehatan fisik atau kebiasaan melatih fisik kepada pasangan. Mengaitkan tujuan kebugaran kepada hal di luar diri berisiko gagal.

5. #Sehatberdua, Meningkatkan ikatan emosional

Ketika melatih fisik bersama, pasangan akan menciptakan konteks mengkoordinasikan gerakan. Misal, menyamakan kecepatan lari, kecepatan lempar bola, dan sebagainya. Kegiatan menyamakan gerakan ini akan membantu pasangan menyamakan emosi secara tidak sadar. Hal ini kerap dihubungkan dengan perasaan ikatan yang indah dengan pasangan. Latihan kebugaran bersama pasangan menciptakan kesempatan yang menyenangkan untuk membentuk ikatan, baik untuk kesehatan maupun untuk hubungan.

Tunggu apalagi? Ambil tangan pasangan Anda dan mulailah berolahraga bersama!

Endly Christie

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *