20FIT .CO.ID


5 Cara Meminimalkan Nyeri Otot Pasca Berolahraga

5 Cara Meminimalkan Nyeri Otot Pasca Berolahraga
by

Nyeri otot seusai melakukan olahraga adalah hal yang positif yang dirasakan oleh tubuh. Nyeri ini hanya akan dirasakan apabila Anda berolahraga dengan benar.

Nyeri otot atau yang disebut juga dengan DOMS (delayed onset muscle soreness) adalah rasa pegal dan kaku pada otot yg biasa terjadi dalam jangka waktu 24 sampai 72 jam setelah melakukan latihan. Apabila Anda melakukan latihan menggunakan EMS, ini adalah hal yang pasti akan Anda rasakan sehari setelah berlatih.

Berikut beberapa tips yang efektif untuk membantu Anda lebih cepat pulih dari rasa nyeri otot, pegal dan mempercepat proses recovery otot :

1. Rest

Merupakan relaksasi tubuh paling ringan yang dapat memulihkan DOMS ini hanya prosesnya sedikit lambat.

2. Cardio ringan

Berjalan pelan dengan durasi 20-30 menit mampu mengurangi efek DOMS lebih efektif karena cardio training mampu meningkatkan oksigen uptake dan proses zat asam laktat dalam tubuh akan lebih cepat berkurang.

3. Peregangan ringan

Ketika otot sedang dalam fase pemulihan,otot akan bersifat kaku.peregangan ringan di area yang kaku akan membantu mengembalikan fleksibilitas otot dan mengurangi rasa sakit.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu otot yang kaku untuk lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darah artinya nutrisi dan oksigen akan lebih cepat masuk dalam otot yg mengalami DOMS dan akan mempercepat pemulihan.

5. Konsumsi protein

Konsumsi zat protein terbukti lebih baik sebagai nutrisi penting dalam pemulihan DOMS, karena zat ini mampu meregenerasi sel otot dari DOMS tersebut.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *