20FIT .CO.ID


5 Bahaya Mandi Di Malam Hari

5 bahaya mandi
by

Banyaknya kegiatan diluar rumah membuat kita tiba dirumah malam hari. Pada saat pulang badan terasa lengket dan gerah dikarenakan panasnya sinar matahari. Terkadang membuat kita ingin mandi pada saat itu juga. Tapi tahukah kamu bahwa mandi di malam hari berbahaya? Yuk, ketahui 5 bahaya mandi di malam hari yang belum kamu ketahui

So, ini 5 bahaya mandi di malam hari :

1. Penuaan Dini

Air dingin yang digunakan untuk mandi pada malam hari dapat menggangu metabolisme tubuh. Hal ini memberikan pengaruh besar terhadap kulit. Salah satunya adalah menyebabkan kulit menjadi keriput. Selain menjadi sebab penuaan dini, mandi sebelum tidur juga menyebabkan kelainan pada proses metabolisme lemak

2. Paru- Paru Basah

Anggapan bahwa mandi sebelum tidur dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah ternyata benar. Dengan suhu yang dingin dan juga air yang dingin dapat menyebabkan tubuh susah bernafas, batuk, berdahak, dan juga menggigil. Jika kondisi ini terus berlanjut dengan rutin mandi sebelum tidur maka kemungkinan besar akan membuat resiko anda terkena paru par semakin besar.

3. Asam Urat

Tidak dipungkiri bahwa air dingin di malam hari memberikan efek segar bagi tubuh anda. Namun, apabila anda sering mandi sebelum tidur, akan mudah terkena penyakit asam urat, karena air dingin tersebut membuat nyeri pada sendi.

4. Demam

Pada malam hari, suhu panas dalam tubuh anda sebenarnya meningkat dan membuat pori-pori pada tubuh terbuka. Apabila mandi menggunakan air dingin maka kondisi itu akan berbahaya bagi tubuh. Pori-pori yang terbuka dapat menyerap air dingin. Tubuh akan mengalami kondisi dimana suhu panas tubuh dan dingin bercampur. Akibatnya kekebalan tubuh anda berkurang. Dan disitulah virus akan mudah masuk. Gejala utama masuknya virus ke dalam tubuh anda adalah anda akan merasakan demam.

5. Nyeri Otot

Selanjutnya penyebab mandi di malam hari adalah dapat menyebabkan nyeri otot. Hal ini terjadi karena pori-pori dalam tubuh yang terbuka dan air dingin pada malam hari masuk melalui pori-pori tersebut. Akibatnya otot terasa nyeri.

Baca juga 10 Manfaat Olahraga Rutin Di Malam Hari

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *